Transformational leadership dan innovative work behavior dengan learning agility sebagai pemediasi

Surat Pencatatan Karya (2022) Transformational leadership dan innovative work behavior dengan learning agility sebagai pemediasi. EC00202291272.

[thumbnail of Transformational leadership dan innovative work behavior dengan learning agility sebagai pemediasi] Text (Transformational leadership dan innovative work behavior dengan learning agility sebagai pemediasi)
Liza_Veronika_Artikel_Seminar Nasional 2022.pdf

Download (537kB)
[thumbnail of Sertifikat (Surat Pencatatan Ciptaan)] Text (Sertifikat (Surat Pencatatan Ciptaan))
sertifikat_EC00202291272 (1).pdf

Download (2MB)

Abstract

Inovasi merupakan salah satu upaya suatu organisasi untuk mencapai keunggulan kompetitif yang berkelanjutan. Inovasi tidak terlepas dari ide-de kreatif individu dalam organisasi. Innovative work behavior (IWB) adalah sumber utama inovasi dalam organisasi karena IWB merupakan upaya yang dilakukan oleh individu dalam memperoleh suatu ide baru yang dapat diterapkan dan bersifat menguntungkan bagi individu, kelompok, organisasi, dan masyarakat luas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji signifikansi pengaruh langsung dan tidak langsung transformational leadership (TL) pada IWB dengan learning agility (LA) sebagai pemediasi. Unit analisis adalah PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 7 di Kota Madiun, dengan 146 pegawai tetap sebagai responden. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan analisis jalur dan Sobel test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara langsung TL pada LA; TL dan LA secara signifikan dan positif berpengaruh pada IWB. Hasil pengujian mediasi, menunjukkan bahwa LA memediasi secara parsial pengaruh TL terhadap IWB. Hasil kajian ini menunjukkan bahwa IWB sebagai sumber daya internal untuk meraih keunggulan kompetitif dapat ditingkatkan melalui praktek kepemimpinan transformasional (TL) yang diimbangi dengan kecepatan dalam pembelajaran para pegawai (LA), dan untuk menumbuhkan LA itu sendiri peran TL ini sangat diperlukan.

Item Type: Patent
Uncontrolled Keywords: Innovative work behavior, transformational leadership, learning agility, Kota Madiun
Subjects: Widya Mandala Catholic University on Madiun Campus > Faculty of Business > Management Undergraduate Study Program
Divisions: Faculty of Business > PSDKU - Management Undergraduate Study Program
Depositing User: Veronika Agustini Srimulyani
Date Deposited: 11 Oct 2023 00:12
Last Modified: 11 Oct 2023 00:12
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/36634

Actions (login required)

View Item View Item