Prediktor Terkuat Tingginya Dukungan Keluarga pada Penderita Ulkus Diabetikum

Sari, Ni Putu Wulan Purnama and Manungkalit, Maria (2021) Prediktor Terkuat Tingginya Dukungan Keluarga pada Penderita Ulkus Diabetikum. Prediktor Terkuat Tingginya Dukungan Keluarga pada Penderita Ulkus Diabetikum, 7 (2). pp. 107-114. ISSN eISSN: 2502-2083, pISSN: 2443-4019

[thumbnail of Prediktor Terkuat Tingginya Dukungan Keluarga pada Penderita Ulkus Diabetikum] Text (Prediktor Terkuat Tingginya Dukungan Keluarga pada Penderita Ulkus Diabetikum)
9-Prediktor_terkuat_tingginya_dukungan_.pdf

Download (179kB)
[thumbnail of Prediktor Terkuat Tingginya Dukungan Keluarga pada Penderita Ulkus Diabetikum] Text (Prediktor Terkuat Tingginya Dukungan Keluarga pada Penderita Ulkus Diabetikum)
9-Prediktor_terkuat_tingginya_dukungan_hasil cek similarity.pdf

Download (1MB)

Abstract

Diabetes Mellitus (DM) memiliki komplikasi mikroangiopati, salah satunya adalah neuropati diabetik dengan gejala hilangnya sensasi daerah ekstrimitas bawah yang merupakan faktor risiko terpenting dari terjadinya ulkus diabetikum. Dukungan keluarga diperlukan para penderita ulkus diabetikum untuk dapat mengelola penyakitnya dengan baik selama masa rawat rumah. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi dan menganalisis tingkat dukungan keluarga dan prediktor terbaik dari dukungan keluarga yang tinggi pada penderita DM tipe 2 dengan ulkus diabetikum. Penelitian deskriptif korelatif ini menggunakan cross sectional design. Populasi adalah seluruh penderita DM tipe 2 dengan ulkus diabetikum di Rumah Luka Surabaya di Sidoarjo berjumlah 100 orang (N=100). Tehnik sampling Total sampling (n=100). Variabel dalam penelitian ini adalah dukungan keluarga yang terdiri dari empat domain, yaitu: dukungan emosional, instrumental, informasional, dan penghargaan. Kuesioner yang valid dan reliabel. Mayoritas responden mendapatkan dukungan yang tinggi dari keluarganya (97%). Di antara empat domain dukungan keluarga, dukungan informasional merupakan domain yang menjadi prediktor terkuat dari tingginya dukungan keluarga pada populasi ini (item 18: R2 = 0.529; p = 0.000; item 19: R2 = 0.531; p = 0.000). Namun, aspek penghargaan atas usaha penderita untuk mengobati penyakitnya menjadi prediktor terkuat dari tingginya dukungan keluarga secara keseluruhan (item 24: R2 = 0.616; p = 0.000). Dukungan informasional dan penghargaan atas usaha untuk mengelola penyakit menjadi dua prediktor penting dari tingginya dukungan keluarga pada penderita ulkus diabetikum.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Diabetes Mellitus, dukungan informasional, dukungan keluarga, dukungan penghargaan, ulkus diabetikum.
Subjects: Nursing Science
Divisions: Journal Publication
Depositing User: F.X. Hadi
Date Deposited: 04 Aug 2023 08:20
Last Modified: 04 Aug 2023 08:20
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/36533

Actions (login required)

View Item View Item