Durasi Ulkus dan Kualitas Hidup pada Penyandang DM Tipe 2 dengan Ulkus Diabetikum

Manungkalit, Maria (2020) Durasi Ulkus dan Kualitas Hidup pada Penyandang DM Tipe 2 dengan Ulkus Diabetikum. Durasi Ulkus dan Kualitas Hidup pada Penyandang DM Tipe 2 dengan Ulkus Diabetikum, 6 (1). pp. 32-44. ISSN eISSN: 2502-2083, pISSN: 2443-4019

[thumbnail of Durasi Ulkus dan Kualitas Hidup pada Penyandang DM Tipe 2 dengan Ulkus Diabetikum] Text (Durasi Ulkus dan Kualitas Hidup pada Penyandang DM Tipe 2 dengan Ulkus Diabetikum)
7-Durasi_ulkus_dan_kualitas_hidup_.pdf

Download (250kB)
[thumbnail of Durasi Ulkus dan Kualitas Hidup pada Penyandang DM Tipe 2 dengan Ulkus Diabetikum] Text (Durasi Ulkus dan Kualitas Hidup pada Penyandang DM Tipe 2 dengan Ulkus Diabetikum)
7-Durasi_ulkus_dan_kualitas_hidup_hasil cek similarity.pdf

Download (3MB)

Abstract

Komplikasi kronik yang berkaitan dengan adanya kerusakan pada syaraf dan atau penyakit akibat kerusakan pembuluh darah tepi terutama pada bagian ektremitas bawah yang biasa diderita Diabetes Melitus Tipe 2 (DMT2) adalah ulkus diabetikum yang menyebabkan terjadinya kerusakan jaringan bagian dalam atau kematian jaringan baik dengan ataupun tanpa infeksi. Durasi Ulkus (DU) dalam pengobatan dan perawatannya membutuhan banyak waktu. Dampak dari ulkus diabetikum bisa mempengaruhi kualitas hidup (KH) bagi penderitanya. Maksud dalam penulisan riset ini yaitu ingin menganalisis hubungan DU dan KH pada penyandang DMT2 dengan ulkus diabetikum (DMT2UD). Rancangan dalam riset ini yakni cross sectional. Populasi adalah semua penyandang DMT2UD yang rawat jalan di salah satu klinik rumah luka di Surabaya pada bulan April-Juni 2018 sejumlah 40 orang. Sampel diperoleh menggunakan teknik total sampling. Variabel bebas yaitu DU dan variabel terikat yaitu KH. Instrumen yang dipakai adalah WHOQOL-BREF. Data dianalisa memakai uji korelasiSpearman’s Rho (α<0,05). Mayoritas DU telah diderita selama 1-<8 bulan, dan mayoritas penyandang DMT2UD memiliki KH sedang. Tidak ada hubungan yang signifikan antara DU dan KH pada penyandang DMT2UD (p=0.496). Tidak ditemukannya hubungan antar variabel dalam penelitian ini potensial akibat DU mayoritas berdurasi pendek yaitu dalam rentang 1-<8 bulan sehingga data menjadi kurang variatif jika dibandingkan dengan data pada KH yang lebih variatif pada kurun waktu yang sama.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Durasi ulkus, Kualitas hidup, Ulkus diabetikum, Diabetes mellitus tipe 2.
Subjects: Nursing Science
Divisions: Journal Publication
Depositing User: F.X. Hadi
Date Deposited: 04 Aug 2023 06:54
Last Modified: 04 Aug 2023 06:54
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/36530

Actions (login required)

View Item View Item