Laporan kerja praktek desain jaringan wi-fi point to multipoint dengan estimasi alat dan biaya pada kegiatan MBKM skema membangun desa / KKNT di Desa Curah Cottok, Kec. Kapongan, Kab. Situbondo, Jawa Timur

Porat, Charlos Fernando (2023) Laporan kerja praktek desain jaringan wi-fi point to multipoint dengan estimasi alat dan biaya pada kegiatan MBKM skema membangun desa / KKNT di Desa Curah Cottok, Kec. Kapongan, Kab. Situbondo, Jawa Timur. Project Report (PKL, PKIPP, Magang D3, Praktik Kerja Profesi Apoteker, Profesi Guru, Profesi Ners dan Profesi Insiyur). Faculty of Engineering, Surabaya. (Submitted)

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (740kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (15kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (269kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (128kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB) | Request a copy

Abstract

Selama masa perkulihaan diwajibkan untuk mengumpulkan ilmu dan pengalaman sebanyak-banyaknya, dengan cara mengikuti pelajaran dikelas, membaca buku teori, melakukan prakutikum, serta mengikuti kegiatan diluar jam kuliah. Program kerja praktek pada kegiatan MBKM Membangun Desa/KKNT adalah merupakan bentuk pembelajaran yang mengasah softskill kemitraan dan kolaborasi lintas disiplin serta leadership dalam mengelola program pengembangan diwilayah pedesaan. Karena teknologi yang kurang berkembang di desa Curah Cottok sendiri WI-FI masih diakses di tempat terentu saja. Salah satu kendala yang terjadi dikarenakan belum pahamnya para penduduk desa akan WI-FI hotspot dan terjangkaunya akses para penduduk akan WI-FI hotspot tersebut. Perancangan Alat Jaringan Wifi Hotspot pada Kantor Desa dan Dusun Krajen, Dusun Sumber Gayam, dan Dusun Sumber Wringin meliputi dari pengamatan lokasi, pengambilan data lokasi, dan penentuan alat dan rincian estimasi biaya, dengan melalui simulasi pada aplikasi atau software pendukung. Pengenalan terhadapat lingkungan tempat yang baru juga beradaptasi dengan orang-orang baru di Desa Curah Cottok, hal ini dapat memudahkan untuk melakukan pengamatan lokasi dan pengumpulan data untuk dijadikan titik lokas. Desa Curah Cottok sendiri terdapat Kantor Desa sebagai pusat dari jaringan yang akan mengkoneksikan ke tiga Dusun antara lain, Dusun Krajen, Dusun Sumber Gayam, dan Dusun Sumber Wringin. Dari hasil pengambilan titik koordinat yang selanjutnya melakukan perancangan pemetaan peroleh selanjutnya di masukkan hasilnya ke aplikasi UISP Design Center dan setelah dari hasil pemetaan dan hasil perancangan sudah di peroleh selanjutnya melakukan perancangan jaringan topologi menggunakan aplikasi Cisco Packet Tracer. Dapat dilihat, jaringan yang terbentuk adalah topologi point to multipoint, point dari kantor desa ke multi point yang berada di 3 dusun yaitu dusun Krajan, Sumber Gayam dan dusun Sumber waringin. Hasil dari perancangan jaringan WI-FI Hotspot mampu menyelesaikan masalah yang menjadi potensi desa dengan perancangan jaringan dari pengamatan, penentuan, pemetaan titik lokasi dan perancangan jaringan. Dapat menghubungkan titik koordinat dari setiap dusun ke titik koordinat pusat kantor desa dapat diperoleh anthena transmiter dengan anthena penerima Dengan terbentuknya topologi jaringan yang sudah disimulasikan maka koneksi internet antara masing-masing dusun ke kantor desa dapat terhubung.

Item Type: Monograph (Project Report (PKL, PKIPP, Magang D3, Praktik Kerja Profesi Apoteker, Profesi Guru, Profesi Ners dan Profesi Insiyur))
Department: S1 - Teknik Elektro
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Gunadhi, Albert
NIDN0704066901
albert@ukwms.ac.id
Uncontrolled Keywords: Pengamatan lokasi, perancangan pemetaan, perancangan topologi.
Subjects: Engineering
Engineering > Electrical Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Electrical Engineering Study Program
Depositing User: Charlos Fernando Porat
Date Deposited: 31 Jul 2023 07:39
Last Modified: 31 Jul 2023 07:39
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/36238

Actions (login required)

View Item View Item