Hubungan kepatuhan minum obat anti tuberkulosis pada pasien tuberkulosis paru terhadap nilai sputum bakteri tahan asam (BTA) di Puskesmas "X" wilayah Surabaya Selatan

Masiroh, Fitri Diana (2023) Hubungan kepatuhan minum obat anti tuberkulosis pada pasien tuberkulosis paru terhadap nilai sputum bakteri tahan asam (BTA) di Puskesmas "X" wilayah Surabaya Selatan. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (189kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (676kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (339kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (251kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (509kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Tuberkulosis merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis yang dikenal sebagai bakteri tahan asam (BTA). Pengobatan tuberkulosis terdiri dari fase intensif selama dua bulan petama dan fase lanjutan selama empat bulan berikutnya. Tuberkulosis paru (TB paru) adalah penyakit menular langsung yang disebabkan oleh kuman Mycobacterium tuberculosis dimana bakteri tersebut menyerang parenkim (jaringan) paru, salah satu faktor yang mempengaruhi rendahnya keberhasilan pengobatan adalah kepatuhan minum obat pasien. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kepatuhan minum obat anti tuberkulosis pada pasien tuberkulosis paru terhadap nilai sputum bakteri tahan asan (BTA). Penelitian dilaksanakan di puskesmas X wilayah surabaya selatan pada bulan Januari-Mei 2023. Pada penelitian ini menggunakan desain observasional analitik melalui pendekatan cross sectional study dengan teknik purposive sampling. Kepatuhan minum obat anti tuberkulosis pada penelitian ini didapatkan hasil sebanyak 70,2% dengan tingkat kepatuhan tinggi, sebanyak 23,4% dengan tingkat kepatuhan sedang dan 6,4% dengan tingkat kepatuhan yang rendah. Keberhasilan pengobatan pada penelitian ini terdapat 2,1% yang mengalami kegagalan pengobatan atau tidak berhasil dan 97,9% berhasil dalam pengobatan. Konversi nilai sputum bakteri tahan asam (BTA) sebagai angka keberhasilan pada penelitian ini diperoleh 2,1% yang mengalami kegagalan pengobatan dan 97,9% berhasil dalam pengobatan. Kepatuhan minum obat anti tuberkulosis memiliki hubungan terhadap konversi nilai sputum bakteri tahan asam (BTA) dalam mencapai angka keberhasilan pengobatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Farmasi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Surdijati, Siti
NIDN9907158533
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Sukana, Wahyu Surya
0
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Tubekulosis paru. Kepatuhan minum obat. Nilai sputum Bakteri Tahan Asam (BTA)
Subjects: Pharmacy
Divisions: Faculty of Pharmacy > Pharmacy Study Program
Depositing User: FITRI DIANA MASIROH
Date Deposited: 25 Jul 2023 08:51
Last Modified: 26 Jul 2023 05:09
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/36162

Actions (login required)

View Item View Item