Uji toksisitas ekstrak etanol kulit batang pule (Alstonia scholaris) terhadap larva Artemia salina Leach dengan metode Brine Shrimp Lethality Test (BSLT)

Permatasari, Sherly Ayu Adik (2023) Uji toksisitas ekstrak etanol kulit batang pule (Alstonia scholaris) terhadap larva Artemia salina Leach dengan metode Brine Shrimp Lethality Test (BSLT). Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (480kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (19kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (156kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (348kB)
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (21kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (471kB)

Abstract

Pule (Alstonia scholaris) adalah tanaman dari famili Apocynaceae yang digunakan sebagai pengobatan tradisional. Tanaman pule bermanfaat sebagai pengobatan demam, batuk berdahak, diare, antikolesterol, hipertensi, antikanker dan antimikroba. Salah satu bagian dari tanaman pule yang banyak dimanfaatkan sebagai pengobatan adalah bagian kulit batangnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kandungan senyawa fitokimia dan menguji potensi toksisitas dari ekstrak etanol kulit batang pule (Alstonia scholaris) terhadap larva Artemia salina Leach dengan metode Brine Shrimp Lethality Test (BSLT). Ekstrak didapatkan menggunakan metode maserasi dengan pelarut etanol 96%. Penelitian ini dilakukan uji kromatografi lapis tipis (KLT) untuk mengetahui kandungan metabolit sekunder pada ekstrak etanol kulit batang pule. Uji toksisitas dilakukan dengan menggunakan larva udang Artemia salina Leach yang berumur 48 jam. Penelitian dilakukan dengan menggunakan 10 kelompok perlakuan dengan jumlah pengulangan sebanyak 4 kali, setiap kelompok uji berisi 10 ekor larva Artemia salina Leach. Kelompok perlakuan terdiri dari 5 untuk konsentrasi ekstrak yang berbeda, yaitu 100 ppm, 250 ppm, 400 ppm, 550 ppm, 700 ppm dan 5 kontrol negatif (etanol 96%) setiap masing-masing konsentrasi tanpa penambahan ekstrak. Pengamatan dilakukan setelah 24 jam dan menghitung jumlah mortalitas larva udang Artemia salina Leach. Hasil uji toksisitas didapatkan nilai LC50 350,644 µg/ml. Dapat disimpulkan ekstrak etanol kulit batang pule memiliki kandungan senyawa alkaloid, flavonoid, tanin dan terpenoid dan bersifat toksik terhadap larva Artemia salina Leach.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Farmasi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Wijaya, Sumi
NIDN0723117801
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Alstonia scholaris, toksisitas, artemia salina leach, BSLT
Subjects: Pharmacy
Divisions: Faculty of Pharmacy > Pharmacy Study Program
Depositing User: Sherly Ayu Adik Permatasari
Date Deposited: 20 Jul 2023 04:10
Last Modified: 20 Jul 2023 04:10
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/36089

Actions (login required)

View Item View Item