Pengaruh pemberian triptofan dan 5-hidroksitriptofan terhadap aktivitas antidepresan akut pada tikus putih jantan (Rattus norvegicus) dengan metode forced swim test

Djoru, Erva Rambu Pati (2023) Pengaruh pemberian triptofan dan 5-hidroksitriptofan terhadap aktivitas antidepresan akut pada tikus putih jantan (Rattus norvegicus) dengan metode forced swim test. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK SKRIPSI.pdf

Download (241kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB 1_NASKAH SKRIPSI FORMAT A5.pdf

Download (40kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2_NASKAH SKRIPSI FORMAT A5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3_NASKAH SKRIPSI FORMAT A5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4_NASKAH SKRIPSI FORMAT A5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (61kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5_NASKAH SKRIPSI FORMAT A5.pdf

Download (176kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN_NASKAH SKRIPSI FORMAT A5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (269kB) | Request a copy

Abstract

Depresi merupakan salah satu gangguan mental yang umumnya ditandai dengan gangguan suasana hati (mood), merasa putus asa, berkurangnya kemampuan untuk konsentrasi dan berpikir, perubahan berat badan dan juga nafsu makan. Depresi berkaitan dengan defisiensi pada jumlah neurotransmitter salah satunya adalah serotonin (5-HT) di otak. Saat ini banyak pengobatan untuk depresi yang telah beredar dipasaran salah satunya pengobatan dengan suplemen (nutrasetikal). Salah satu nutrasetikal yang berperan dalam pengobatan depresi adalah triptofan dan 5-HTP. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui aktivitas triptofan dan 5-HTP sebagai antidepresan pada tikus putih (Rattus norvegicus) dengan metode Forced Swim Test. Pada penelitian ini menggunakan tikus sebanyak 25 ekor. Tikus akan direnangkan dalam dua sesi yaitu pre test (15 menit) dan test (5 menit), kemudian durasi imobilitas (immobility time) yang didapatkan dianalisis menggunakan SPSS. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa pemberian senyawa uji triptofan 270 mg/kgBB dan 5-HTP 18 mg/kgBB mampu menekan perilaku depresi dengan menunjukkan penurunan durasi imobilitas jika dibandingkan dengan kelompok kontrol negatif (kontrol negatif= 223,2 ± 2,6 vs triptofan= 98,4 ± 6,5 dan 5-HTP= 140,0 ± 8,0) nilai p<0,05. Penurunan durasi imobilitas pada kelompok triptofan dan 5-HTP menunjukkan bahwa kedua senyawa uji tersebut memiliki efek yang serupa dengan pemberian fluoksetin 7 mg/kgBB sebagai obat antidepresan, hal ini ditunjukkan dengan durasi imobilitas yang tidak berbeda bermakna (fluoksetin= 93,2 ± 3,1 p>0,05). Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa pemberian senyawa triptofan dan 5-HTP dapat memberikan efek sebagai antidepresan pada tikus putih jantan (Rattus norvegicus).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Farmasi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Soeliono, Ivonne
NIDN0708019002
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Parwitha, Ida Ayu Andri
NIDN0729079004
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: 5-hidroksitriptofan, triptofan, depresi, forced swim test (FST).
Subjects: Pharmacy
Divisions: Faculty of Pharmacy > Pharmacy Study Program
Depositing User: Erva Rambu Pati Djoru
Date Deposited: 24 Jul 2023 03:24
Last Modified: 24 Jul 2023 03:24
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/36020

Actions (login required)

View Item View Item