Uji aktivitas antibakteri ekstrak etanol daun keji beling (Strobilanthes crispus) terhadap Cutibacterium acnes dengan bantuan ultrasonikasi

Mulyadi, Vonny (2023) Uji aktivitas antibakteri ekstrak etanol daun keji beling (Strobilanthes crispus) terhadap Cutibacterium acnes dengan bantuan ultrasonikasi. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (517kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (30kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (262kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (399kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (459kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (68kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB) | Request a copy

Abstract

Cutibacterium acnes merupakan bakteri Gram positif yang dapat dapat menyebabkan jerawat. Daun keji beling terdapat kandungan metabolit sekunder yang dapat berperan sebagai antibakteri. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data mengenai potensi dari ekstrak etanol daun kejibeling (Strobilanthes crispus) sebagai antibakteri terhadap bakteri Cutibacterium acnes serta dapat mengetahui senyawa yang terkandung dalam ekstrak etanol daun keji beling (Strobilanthes crispus). Ekstraksi serbuk simplisia daun keji beling dilakukan dengan bantuan ultrasonikasi selama 30 menit pada frekuensi 40 kHz. Pengujian aktivitas antibakteri dilakukan dengan metode difusi sumuran pada konsentrasi 20%, 30%, dan 40% dan memberikan hasil adanya aktivitas antibakteri pada konsentrasi 30% yaitu rata-rata DHP 7,4 ± 0,3 mm dan pada konsentrasi 40% menghasilkan rata-rata DHP 8,7 ± 0,5 mm terhadap Cutibacterium acnes. Pada konsentrasi 20% tidak menunjukkan adanya aktivitas antibakteri terhadap Cutibacterium acnes. Pengujian aktivitas antibakteri juga dilakukan dengan metode mikrodilusi dimana menggunakan konsentrasi ekstrak antara 0,09% - 50%. Ekstrak etanol daun kejibeling (Strobilanthes crispus) memiliki aktivitas antibakteri terhadap bakteri Cutibacterium acnes dengan Konsentrasi Hambat Minimum (KHM) sekitar 6,25% yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri 93,05% dan dengan Konsentrasi Bunuh Minimum (KBM) diatas 12,5%. Skrining fitokimia dilakukan dengan metode tabung dan didapatkan hasil bahwa ekstrak etanol daun keji beling (Strobilanthes crispus) mengandung flavonoid, alkaloid, polifenol, saponin, kumarin, dan steroid.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Farmasi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Soegianto, Lisa
NIDN0729017401
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Sinansari, Restry
NIDN0703088804
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Jerawat, Strobilanthes crispus, Cutibacterium acnes, antibakteri, ultrasonikasi.
Subjects: Pharmacy
Divisions: Faculty of Pharmacy > Pharmacy Study Program
Depositing User: Vonny Mulyadi
Date Deposited: 17 Jul 2023 10:53
Last Modified: 17 Jul 2023 10:53
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/35961

Actions (login required)

View Item View Item