Uji efek gel sekretom sel punca mesenkimal terhadap pertumbuhan jaringan granulasi dan perubahan warna kulit pada luka bakar tikus galur wistar

Harijanto, Clarence Theodosius Bernard (2023) Uji efek gel sekretom sel punca mesenkimal terhadap pertumbuhan jaringan granulasi dan perubahan warna kulit pada luka bakar tikus galur wistar. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (413kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (110kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (386kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (163kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (404kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (124kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (581kB) | Request a copy

Abstract

Luka bakar merupakan jenis luka yang disebabkan oleh kontak langsung atau tidak langsung pada permukaan tubuh oleh trauma panas atau trauma dingin (frost bite). Perkembangan teknologi berjalan lurus juga dengan perkembangan di bidang kesehatan, salah satunya menggunakan sel punca (stem cell). Sekretom sel punca mesenkimal menghasilkan faktor pertumbuhan seperti TGF-β (Transforming Growth Factor-β) yang dapat mempercepat migrasi sel fibroblas, sehingga mempercepat pertumbuhan jaringan granulasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian gel sekretom sel punca mesenkimal terhadap pertumbuhan jarngan granulasi dan perubahan warna kulit pada tikus putih galur Wistar. Pada penelitian ini terdapat 3 kelompok pengujian yang diamati pada hari ke-3 dan hari ke-7, yaitu kelompok kontrol negatif (basis gel), kelompok kontrol positif (Bioplacenton) dan kelompok kontrol perlakuan (gel sekretom sel punca mesenkimal). Pembuatan luka bakar dilakukan dengan menggunakan plat logam berdiameter 2 cm telah dipanaskan dengan suhu 100℃ selama 3 menit. Setelah pembuatan luka bakar pada tikus dilakukan pengamatan secara mikroskopis terhadap pertumbuhan jaringan granulasi pada hari ke-3 dan ke -7, kemudian dilakukan analisis data menggunakan One Way ANOVA-Duncan Test. Hasil pertumbuhan jaringan granulasi pada hari ke-3 dan ke-7 pada kelompok kontrol perlakuan gel sekretom sel punca mesenkimal dengan kelompok kontrol positif Bioplacenton dan kelompok kontrol negatif basis gel menunjukkan perbedaan bermakna. Dilakukan pengamatan pada perubahan warna kulit secara visual, dimulai dari hari pertama hingga ketujuh setelah pembuatan luka bakar. Hasil yang diperoleh tidak terdapat perbedaan bermakna pada perubahan warna kulit luka bakar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Farmasi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Widodo, Y. Teguh
NIDN0703096403
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Kuncorojakti, Suryo
NIDN0001078502
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Sekretom sel punca mesenkimal, luka bakar, gel, jaringan granulasi, perubahan warna kulit.
Subjects: Pharmacy
Divisions: Faculty of Pharmacy > Pharmacy Study Program
Depositing User: Clarence Theodosius Bernard Harijanto
Date Deposited: 20 Jul 2023 06:54
Last Modified: 20 Jul 2023 06:54
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/35938

Actions (login required)

View Item View Item