Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) dengan model discovery learning pokok bahasan alat-alat optik untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik di SMPK St.stanislaus 2 surabaya

Siribere, Silia (2023) Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) dengan model discovery learning pokok bahasan alat-alat optik untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik di SMPK St.stanislaus 2 surabaya. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (633kB)
[thumbnail of Bab 1] Text (Bab 1)
BAB 1.pdf

Download (158kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (483kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (314kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (385kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5 (DAFTAR PUSTAKA).pdf

Download (148kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan menggunakan model Discovery Learning untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Model pengembangan yang digunakan yaitu model ADDIE (Analysis-Design-Development-Implement-Evaluation). Selain LKPD penulis juga mengembangkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), dan Rencana Evalusi (RE) yang berfungsi untuk penunjang pembelajaran di kelas. LKPD, RPP dan RE di validasi oleh ahli sebelum diujicobakan. Hasil validasi RPP memperoleh skor sebesar 3,18 dengan kategori “valid”, LKPD memperoleh skor sebesar 3,06 dengan kategori “valid”, dan RE memperoleh skor sebesar 3,12 dengan kategori “valid”. Hasil keterlaksanaan RPP memperoleh skor 3,04 dengan kategori “baik”. Hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan dengan rata-rata N-Gain Score 0,61 denngan kategori “sedang” dan hasil respon peserta didik yang didapatkan 3,32 dengan kategori “baik”. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) dengan model Discovery Learning pada pokok bahasan alat-alat optik dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik di SMPK Santo Stanislaus 2 Surabaya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Pendidikan Fisika
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Wijaya, Anthony
NIDN0715058503
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: LKPD, discovery learning, hasil belajar, alat-alat optik.
Subjects: Physic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Physics Education Study Program
Depositing User: Silia Siribere
Date Deposited: 17 Jul 2023 09:20
Last Modified: 17 Jul 2023 09:20
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/35935

Actions (login required)

View Item View Item