Perancangan topologi jaringan wifi hotspot kantor desa ke tiga rumah kepala dusun di desa Curah Cottok beserta estimasi biaya

Nare, Marianus Bura (2023) Perancangan topologi jaringan wifi hotspot kantor desa ke tiga rumah kepala dusun di desa Curah Cottok beserta estimasi biaya. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (377kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (262kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (645kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (625kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (587kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf

Download (139kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB) | Request a copy

Abstract

Jaringan wifi hotspot sudah begitu banyak digunakan dan menjadi solusi utama dalam mengakses internet untuk mempermudah komunikasi serta bertukar informasi antara satu dan lain pihak dengan jarak yang cukup jauh. Pembahasan dalam buku ini mengenai tahapa awal persiapan perancangan jaringan wifi hotspot yang dilakukan pada 4 titik lokasi antara lain, lokasi kantor desa sebagai titik pusat, lokasi rumah kepala dusun krajan, lokasi rumah kepala dusun sumber gayam, lokasi rumah kepala dusun sumber wringin sebagai target utama, untuk nantinya bisa menentukan penempatan dan pemilihan jumlah akses point yang tepat untuk mendukung perancangan jaringan wifi hotspot. Tahap akhir perancangan menggunakan aplikasi pendukung dalam perancangan antara lain cisco packet tracer untuk membentuk topologi point to multipoint beserta komponen alat yang dipilih dan juga UISP design center untuk pemilihan antenna pemancar dengan menggunakan bullet ubiquiti dan antenna penerima berupa nanostation m2, mengetahui jarak point to point, dan juga line of sight height lokasi. Hasilnya berupa pemilihan semua alat yang akan dipasang pada tiap – tiap lokasi, dengan menggunakan antenna ubiquiti bullet AC 2,4 GHz sebagai pemancar, antenna NanoStation Loco M2 sebagai penerima, Tenda AC6 sebagai router, TP-LINK-TL-WR840N sebagai akses point, dan komponen pendukung kabel UTP dan FTP serta tiang galvanis untuk pemasangan antenna.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Teknik Elektro
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Joewono, Andrew
NIDN0711107201
andrew_sby@ukwms.ac.id
Uncontrolled Keywords: Jaringan wifi hospot, cisco packet tracer, UISP design center, point to multipoint, point to point, line of sight height, bullet ubiquiti, nanostation.
Subjects: Engineering
Engineering > Electrical Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Electrical Engineering Study Program
Depositing User: MARIANUS BURA NARE
Date Deposited: 17 Jul 2023 05:45
Last Modified: 17 Jul 2023 05:45
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/35923

Actions (login required)

View Item View Item