Uji efektivitas analgesik patch ekstrak etanol daun sirsak (Annona muricata L.) dengan enhancer natrium lauril sulfat terhadap jumlah geliat dan makrofag pada mencit

Sari, Irma Kurnia (2023) Uji efektivitas analgesik patch ekstrak etanol daun sirsak (Annona muricata L.) dengan enhancer natrium lauril sulfat terhadap jumlah geliat dan makrofag pada mencit. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (400kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (338kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (578kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (382kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (381kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (352kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (710kB) | Request a copy

Abstract

Daun sirsak (Annona muricata L.) merupakan tanaman yang dapat berfungsi sebagai analgesik karena mengandung flavonoid. Daun sirsak diformulasikan dalam bentuk sediaan patch, menggunakan matriks HPMC, dan enhancer Na-lauril sulfat yang berfungsi meningkatkan penetrasi bahan aktif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan patch ekstrak etanol daun sirsak terhadap jumlah geliat dan makrofag pada mencit dan mengetahui kemampuan peningkat penetrasi enhancer Na-lauril sulfat. Penelitian ini menggunakan empat kelompok perlakuan yaitu kontrol positif (parasetamol oral), kontrol negatif (patch kosong), formula 1 (patch tanpa enhancer) dan formula 2 (patch dengan enhancer). Pada penelitian ini setelah mencit diberi asam asetat 1% sebanyak 0,1 ml secara intraperitoneal, kemudian dilakukan pengamatan terhadap jumlah geliat setiap 15 menit selama 3 jam, setelah itu dilakukan pengamatan makrofag dengan cara mengambil cairan peritoneal mencit. Pada hasil jumlah geliat untuk kelompok kontrol positif onset kerja obat lebih cepat dalam menurunkan geliat yaitu 75 menit, dibandingkan dengan formula 1 tanpa enhancer 180 menit, formula 2 dengan enhancer 120 menit, dan kontrol negatif memiliki menit tertinggi dibandingkan dengan kelompok perlakuan yang lain yaitu pada menit 180 menit masih meiliki geliat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sediaan patch ekstrak etanol daun sirsak (Annona muricata L.) dapat menurunkan jumlah geliat dan jumlah makrofag pada mencit yang telah diinduksi asam asetat. Penggunaan enhancer Na-lauril Sulfat dapat meningkatkan penetrasi obat di dalam kulit.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Farmasi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Widodo, Teguh
NIDN0703096403
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Hamid, Iwan Sahrial
NIDN0
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Daun sirsak, geliat, patch, Na-lauril sulfat, makrofag.
Subjects: Pharmacy
Divisions: Faculty of Pharmacy > Pharmacy Study Program
Depositing User: Irma Kurnia Sari
Date Deposited: 18 Jul 2023 06:05
Last Modified: 18 Jul 2023 06:05
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/35920

Actions (login required)

View Item View Item