Pendampingan eksperimen fisika guna meningkatkan kualitas pembelajaran fisika siswa SMA kelas XI di Surabaya

Herwinarso, Herwinarso, Wijaya, Anthony, Koswojo, Jane, Noviani, Elisabeth P. Founda and Lestari, Tri (2023) Pendampingan eksperimen fisika guna meningkatkan kualitas pembelajaran fisika siswa SMA kelas XI di Surabaya. Working Paper Staff (Laporan Penelitian Dosen). Faculty of Teacher Training and Education, Surabaya. (Submitted)

[thumbnail of Pendampingan eksperimen fisika guna meningkatkan kualitas pembelajaran fisika siswa SMA kelas XI di Surabaya] Text (Pendampingan eksperimen fisika guna meningkatkan kualitas pembelajaran fisika siswa SMA kelas XI di Surabaya)
Bapak Herwinarso_Laporan abdimas univ 2022-2023-rev.pdf

Download (452kB)

Abstract

Fisika merupakan salah satu ilmu dasar yang diperlukan bagi pemahaman dan penguasaan teknologi. Mengingat teori dan eksperimen merupakan dua hal yang tidak bisa dipisahkan dalam mempelajari Fisika, maka eksperimen merupakan bagian yang perlu dilakukan oleh Peserta Didik di sekolah. Namun harus sangat disayangkan kegiatan eksperimen disebagian besar sekolah-sekolah jarang sekali dilakukan, peserta didik hanya diberikan materi fisika berupa teori saja. Penyebab tidak dilakukannya kegiatan eksperimen untuk peserta didik di sekolah diantaranya adalah kendala waktu dan ketersediaan alat-alat penunjang eksperimen. Dalam mengatasi masalah tersebut Prodi Pendidikan Fisika UKWMS telah melakukan kegiatan layanan praktikum fisika bagi peserta didik kelas XI sekolah menengah atas di surabaya, khususnya dari sekolah-sekolah dengan fasilitas laboratorium fisika yang terbatas dan sekolah-sekolah tempat alumni PSP Fisika bekerja. Terdapat 9 sekolah yang berpartisipasi dengan jumlah peserta didik sebanyak 528 orang, 3 judul percobaan secara umum dilakukan peserta didik di setiap kegiatan dan secara keseluruhan 23 judul yang telah dilakukan oleh peserta didik selama kegiatan PkM berlangsung. Disamping itu telah dibuat modul/petunjuk eksperimen untuk masing-masing 23 judul praktikum yang telah dilakukan oleh peserta didik, dan artikel abdimas “Peningkatan Kualitas Pembelajaran Fisika Peserta Didik SMA di Surabaya Melalui Pendampingan Eksperimen Fisika” yang telah di submit di jurdal abdimas”Aksiologiya”.Berdasarkan hasil angket yang telah direspon oleh peserta didik dan dari hasil pelaksanaan kegiatan praktikum, dapat disimpulkan bahwa layanan praktikum SMA di Laboratorium Prodi Pendidikan Fisika UKWMS mendapat respon positif dari pihak sekolah, guru pendamping dan peserta didik. Peserta didik juga antusias karena bereksperimen membuat pembelajaran fisika menjadi lebih menarik. Selain itu, peserta didik juga mendapatkan tambahan pengetahuan tentang pendidikan di Universitas.

Item Type: Monograph (Working Paper Staff (Laporan Penelitian Dosen))
Department: S1 - Pendidikan Fisika
Uncontrolled Keywords: Eksperimen fisika, peserta didik, sekolah menengah.
Subjects: Physic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Physics Education Study Program
Depositing User: Herwinarso .
Date Deposited: 14 Jul 2023 06:04
Last Modified: 14 Jul 2023 06:04
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/35910

Actions (login required)

View Item View Item