Kajian pustaka perbandingan efektivitas dan keamanan Enoksaparin dosis terapi dan dosis profilaksis pada pasien COVID-19

Juwita, Cinthya Caesarani Putri (2023) Kajian pustaka perbandingan efektivitas dan keamanan Enoksaparin dosis terapi dan dosis profilaksis pada pasien COVID-19. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (106kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (91kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (83kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (35kB) | Request a copy

Abstract

Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) merupakan penyakit infeksi menular di saluran pernafasan yang disebabkan oleh SARS-CoV-2 dengan gejala ringan, berat hingga kritis. Pasien COVID-19 berat, terjadi respon imun yang berlebihan dan menyebabkan badai sitokin sistemik yang mencetuskan terjadinya Systemic Inflammatory Response Syndrome (SIRS). Respon inflamasi sistemik berlebihan dapat menyebabkan terjadinya endoteliopati sistemik dan keadaan hiperkoagulasi, dengan demikian antikoagulan Enoksaparin dapat dipertimbangkan sebagai terapi pada pasien COVID-19. Namun saat ini masih terdapat heterogenitas hasil penelitian yang bervariasi, maka penting dilakukan penelitian dengan metode kajian pustaka untuk mengetahui efektivitas dan keamanan perbandingan antikoagulan Enoksaparin dosis terapi dengan Enoksaparin dosis profilaksis pada pasien COVID-19. Proses penelusuran artikel menggunakan database PubMed, Google Scholar, kombinasi kata kunci dan metode pearl growing kemudian didapatkan 4 artikel yang memenuhi kriteria inklusi, dua artikel dengan desain penelitian Cohort Retrospective dan dua artikel dengan desain penelitian Randomized Controlled Trial. Berdasarkan parameter efektivitas penurunan nilai D-dimer antar kedua dosis masih sangat terbatas, belum ada yang cukup untuk mendukung dosis terapi lebih baik daripada dosis profilaksis ataupun sebaliknya, dikarenakan kedua artikel yang digunakan pada kajian ini tidak menggunakan parameter perbaikan nilai D-dimer yang seragam. Seluruh artikel pada penggunaan dosis terapi dengan dosis profilaksis dalam tingkat mortalitas tidak ada perbedaan yang signifikan dalam menurunkan tingkat kematian pada pasien COVID-19 dan berdasarkan parameter keamanan penggunaan Enoksaparin dilihat dari risiko perdarahan, dapat disimpulkan risiko perdarahan lebih rendah dengan Enoksaparin dosis profilaksis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Farmasi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Rista, Ulvi Nur
NIDN8982000020
ulvinurrista@yahoo.com
Thesis advisor
Parwitha, Ida Ayu Andri
NIDN0729079004
idaayu@ukwms.ac.id
Uncontrolled Keywords: COVID-19, enoksaparin, D-dimer, tingkat kematian, risiko perdarahan.
Subjects: Pharmacy
Divisions: Faculty of Pharmacy > Pharmacy Study Program
Depositing User: CINTHYA CAESARANI PUTRI JUWITA
Date Deposited: 17 Jul 2023 07:22
Last Modified: 17 Jul 2023 07:22
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/35881

Actions (login required)

View Item View Item