Uji aktivitas antibakteri kombinasi ekstrak daun jeruk purut (Citrus hystrix) dan daun jeruk lemon (Citrus limon) terhadap Streptococcus mutans

Cahyaningtyas, Maria Anastasia Sandhi (2023) Uji aktivitas antibakteri kombinasi ekstrak daun jeruk purut (Citrus hystrix) dan daun jeruk lemon (Citrus limon) terhadap Streptococcus mutans. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (685kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (26kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (111kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (840kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (112kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (431kB) | Request a copy

Abstract

Karies gigi atau yang dikenal sebagai gigi berlubang merupakan salah satu penyakit tidak menular yang paling sering terjadi di seluruh dunia. Bakteri Streptococcus mutans merupakan salah satu penyebab terjadinya karies gigi oleh karena itu disebut juga sebagai bakteri kariogenik. Daun jeruk purut dan daun jeruk lemon memiliki berbagai senyawa metabolit sekunder dapat digunakan sebagai antibakteri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas antibakteri dari ekstrak daun jeruk purut (Citrus hystrix), ekstrak daun jeruk lemon (Citrus limon), dan kombinasi keduanya dengan perbandingan 1:1 terhadap bakteri Streptococcus mutans dan mengetahui golongan senyawa yang terkandung dalam ekstrak daun jeruk purut (Citrus hystrix) dan daun jeruk lemon (Citrus limon) yang dapat memberikan aktivitas antibakteri terhadap Streptococcus mutans. Ekstraksi daun jeruk purut dan daun jeruk lemon dilakukan dengan metode maserasi dengan menggunakan pelarut etanol 96%. Ekstrak kental yang didapatkan akan dilakukan standarisasi spesifik, non spesifik, skrining fitokimia, uji bioautografi, dan uji aktivitas antibakteri. Pengujian antibakteri dilakukan pada ekstrak daun jeruk purut tunggal, ekstrak daun jeruk lemon tunggal, dan kombinasi keduanya dengan menggunakan metode difusi sumuran pada konsentrasi 10%, 30%, dan 50%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak daun jeruk purut, ekstrak daun jeruk lemon, dan kombinasi keduanya dapat menghambat aktivitas bakteri Streptococcus mutans. Golongan senyawa metabolit sekunder pada ekstrak daun jeruk purut yang dapat menghambat aktivitas bakteri Streptococcus mutans yaitu senyawa alkaloid, flavonoid, fenol, saponin, dan terpenoid, sedangkan pada ekstrak daun jeruk lemon adalah senyawa fenol dan tanin.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Farmasi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Vernanda, Renna Yulia
NIDN0705078804
rennayuliavernanda@gmail.com
Thesis advisor
Sinansari, Restry
NIDN0703088804
restry@ukwms.ac.id
Uncontrolled Keywords: Karies gigi, Streptococcus mutans, daun jeruk purut, daun jeruk lemon, antibakteri.
Subjects: Pharmacy
Divisions: Faculty of Pharmacy > Pharmacy Study Program
Depositing User: Maria Anastasia S. C.
Date Deposited: 14 Jul 2023 05:48
Last Modified: 14 Jul 2023 05:48
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/35815

Actions (login required)

View Item View Item