Rancang model rantai pasok tepung pisang sebagai upaya meningkatkan nilai tambah komoditas pisang di kota madiun

Indrawati, Chatarina Dian and Paulus, Ardianus Laurens (2021) Rancang model rantai pasok tepung pisang sebagai upaya meningkatkan nilai tambah komoditas pisang di kota madiun. Rancang model rantai pasok tepung pisang sebagai upaya meningkatkan nilai tambah komoditas pisang di kota madiun, 20 (1). pp. 33-38. ISSN pISSN: 1412-7350, eISSN: 2621-3362

[thumbnail of Rancang model rantai pasok tepung pisang sebagai upaya meningkatkan nilai tambah komoditas pisang di kota  madiun] Text (Rancang model rantai pasok tepung pisang sebagai upaya meningkatkan nilai tambah komoditas pisang di kota madiun)
7-Rancang_model_rantai_pasok_.pdf

Download (309kB)
[thumbnail of Rancang model rantai pasok tepung pisang sebagai upaya meningkatkan nilai tambah komoditas pisang di kota  madiun] Text (Rancang model rantai pasok tepung pisang sebagai upaya meningkatkan nilai tambah komoditas pisang di kota madiun)
7-Rancang_model_rantai_pasok_hasil cek similarity.pdf

Download (1MB)

Abstract

Permintaan akan pisang sebagai buah segar maupun sebagai bahan baku untuk produk pengolahan makanan di kota Madiun tidak hanya dipenuhi oleh hasil produksi pisang dari kota Madiun saja. Wilayah kabupaten di sekitar kota Madiun memiliki kontribusi besar dalam pemenuhan kebutuhan akan pisang di kota Madiun. Diantaranya adalah wilayah kabupaten Madiun yaitu kecamatan Dungus, Kare, Dolopo dan wilayah kabupaten Ngawi, yaitu kecamatan Ngawi, kabupaten Magetan, yaitu kecamatan Takeran, kabupaten Ponorogo, yaitu kecamatan Ponorogo, kabupaten Bojonegoro, dan kabupaten Blora. Pengolahan pisang menjadi tepung pisang adalah upaya untuk meningkatkan daya serap produksi pisang dan memberikan nilai tambah pada komoditas pisang. Pisang yang baru dipanen adalah pisang yang masih mentah dengan karakteristik buahnya masih keras dan memiliki kadar tepung yang tinggi. Pada saat pisang dalam kondisi baru panen inilah pisang dapat diolah menjadi tepung pisang. Permintaan akan tepung di area lokal kota Madiun belum terbukti signifikan dilihat dari pedagang eceran yang belum menyediakan tepung pisang. Pelaku usaha pengolahan makanan di kota Madiun belum begitu mengenal penggunaan tepung pisang sebagai bahan baku makanan. Pemasaran tepung pisang dapat dilakukan melalui online marketplace seperti Tokopedia, Shopee, dan Blibli. Hasil penelitian menyimpulkan faktor kritikal dari rantai pasokan pisang dan tepung pisang adalah pada sisi petani, dimana pola tanam pada petani dapat terkoordinasi terkait dengan waktu dan jenis pisang. Koordinasi membutuhkan sinerji dengan lembaga pemerintahan dan lembaga kelompok tani. Market share ditingkat petani pisang cukup efisien ditingkat 42-67%. Marjin produk tepung pisang adalah Rp. 5.625/kg dengan nilai tambah 0,48%.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Banana, Banana Flour Suppy Chain, Value Added
Subjects: Widya Mandala Catholic University on Madiun Campus > Faculty of Business > Management Undergraduate Study Program
Divisions: Journal Publication
Depositing User: F.X. Hadi
Date Deposited: 12 Jul 2023 03:47
Last Modified: 12 Jul 2023 03:47
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/35750

Actions (login required)

View Item View Item