Keunggulan bersaing usaha cake dan bakery: peran orientasi pasar, orientasi kewirausahaan, dan inovasi produk

Paulus, Ardianus Laurens and Wardhani, Zharah Kusuma (2018) Keunggulan bersaing usaha cake dan bakery: peran orientasi pasar, orientasi kewirausahaan, dan inovasi produk. Keunggulan bersaing usaha cake dan bakery: peran orientasi pasar, orientasi kewirausahaan, dan inovasi produk, 10 (2). pp. 88-96. ISSN pISSN: 0285-6911, eISSN: 2528-1518

[thumbnail of Keunggulan bersaing usaha cake dan bakery: peran orientasi pasar, orientasi  kewirausahaan, dan inovasi produk] Text (Keunggulan bersaing usaha cake dan bakery: peran orientasi pasar, orientasi kewirausahaan, dan inovasi produk)
5-Keunggulan_bersaing_usaha_.pdf

Download (312kB)
[thumbnail of Keunggulan bersaing usaha cake dan bakery: peran orientasi pasar, orientasi  kewirausahaan, dan inovasi produk] Text (Keunggulan bersaing usaha cake dan bakery: peran orientasi pasar, orientasi kewirausahaan, dan inovasi produk)
5-Keunggulan_bersaing_usaha_hasil cek similarity.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh orientasi pasar, orientasi kewirausahaan dan inovasi produk terhadap keunggulan bersaing pada usaha cake dan bakery di Kota Madiun. Sampel dalam penelitian ini 30 usaha cake dan bakery yang diambil dengan teknik judgement sampling yang merupakan salah satu jenis purposive sampling. Responden dalam penelitian ini adalah pelaku usaha cake dan bakery yang ada di Kota Madiun tersebar di 3 Kecamatan yang ada di Kota Madiun yaitu Kecamatan Taman, Kecamatan Kartoharjo dan Kecamatan Manguharjo dengan unit analisis adalah pemilik usaha cake dan bakery. Analisis data dilakukan menggunakan model pengukuran persamaan struktural (SEM) dengan pendekatan Part Least Square (PLS). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial orientasi pasar, orientasi kewirausahaan dan inovasi produk berpengaruh positif signifikan terhadap keunggulan bersaing usaha cake dan bakery di Kota Madiun.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: orientasi pasar; orientasi kewirausahaan; inovasi produk; keunggulan bersaing
Subjects: Widya Mandala Catholic University on Madiun Campus > Faculty of Business > Management Undergraduate Study Program
Divisions: Journal Publication
Depositing User: F.X. Hadi
Date Deposited: 12 Jul 2023 03:32
Last Modified: 12 Jul 2023 03:32
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/35745

Actions (login required)

View Item View Item