Gambaran kecenderungan kecanduan game online mobile legend pada mahasiswa di Surabaya

Candra, Febrin (2023) Gambaran kecenderungan kecanduan game online mobile legend pada mahasiswa di Surabaya. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
Teks (ABSTRAK).pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
Teks (BAB 1).pdf

Download (186kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
Teks (BAB 2).pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
Teks (BAB 3).pdf
Restricted to Registered users only

Download (124kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
Text (BAB 4).pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
Teks (BAB 5).pdf

Download (397kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (299kB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan teknologi menyebabkan pengguna game online semakin banyak. Kecenderungan kecanduan game online adalah perilaku dimana seorang pemain game online akan kesulitan mengendalikan diri untuk berhenti bermain. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran kecenderungan kecanduan game online pada mahasiswa. Terdapat 11 indikator kecenderungan kecanduan game online dan Faktor yang mempengaruhi seorang mahasiswa bermain game online dibedakan menjadi faktor internal dan eksternal. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif fenemenologi, menggunakan teknik analisis tematik deduktif. Informan berjumlah tiga orang. Pengambilan data menggunakan wawancara semi terstruktur. Hasil penelitian menunjukan ketiga informan memenuhi indikator dan faktor yang menggambarkan perilaku kecenderungan kecanduan game online pada mahasiswa. indikator terpenuhi adalah preoccupation with internet games, perilaku dimana informan mementingkan untuk bermain game online daripada aktivitas. Withdrawal symptom perasaan marah ketika game online terpaksa berhenti. Tolerance informan mengalami peningkatan durasi bermain jika dibandingkan pertama kali bermain. Unsucsessful attemps memiliki usaha yang kurang maksimal mengurangi intensitas bermain. Continued excessive aktivitas bermain game online berlebihan memunculkan dampak fisik maupun psikologis, namun informan akan tetap bermain meskipun mengetahui dampak tersebut. Loss of interest informan kehilangan minat terkait dengan hobi-hobi yang disenangi. Mood modification informan bermain game online untuk melupakan masalah yang dialami. Problem kegiatan bergamin game online menimbulkan masalah pada lingkungan dan perkuliahan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Psikologi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Nugrohadi, Gratianus Edwi
NIDN0710047302
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Tedjawidjaja, Detricia
NIDN0715069303
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kecenderungan, kecanduan, game online, mahasiswa
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Psychology Study Program
Depositing User: Febrin Candra
Date Deposited: 11 Jul 2023 03:44
Last Modified: 11 Jul 2023 03:44
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/35385

Actions (login required)

View Item View Item