Analisis isi komparatif daya tarik iklan dan struktur pesan tentang k-pop pada akun instagram @tokopedia dan @shopee_id

Faustine, Aileen (2023) Analisis isi komparatif daya tarik iklan dan struktur pesan tentang k-pop pada akun instagram @tokopedia dan @shopee_id. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (421kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (479kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (155kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (141kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (188kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (47kB) | Request a copy

Abstract

Budaya Korea merupakan salah satu budaya yang masuk ke Indonesia dan banyak mendapatkan respon positif bagi penerimanya, masuknya budaya Korea terutama K-Pop inilah yang dimanfaatkan untuk para pengiklan dalam melakukan komunikasi pemasaran. Media sosial instagram merupakan salah satu media yang dianggap paling efektif untuk melakukan promosi produk atau jasa. e-commerce yang paling sering digunakan oleh masyarakat Indonesia sendiri adalah Tokopedia dan Shopee. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana daya tarik iklan dan struktur pesan terdapat pada instagram milik @tokopedia dan @shopee_id. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode analisis isi. Penggunaan daya tarik iklan Tokopedia menerapkan seluruh indikator namun cenderung menonjolkan pada kategori distinctive dengan menggunakan penekanan pesan one-sided, penyajian pesan secara anti-climax, penyusunan pesan primacy, dan penarikan pesan secara eksplisit. Shopee menerapkan seluruh indikator daya tarik iklan, namun cenderung menonjolkan pada kategori meaningful dan believable dengan menggunakan penekanan pesan two-sided, penyajian pesan secara anti-climax, penyusunan pesan primacy, dan penarikan pesan secara eksplisit.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Ilmu Komunikasi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Purnama, Finsensius Yuli
NIDN0719078401
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Krisdinanto, Nanang
NIDN0726126602
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Daya tarik iklan, struktur pesan, analisis isi, komparatif
Subjects: Communication Science
Divisions: Faculty of Communication Science > Communication Science Study Program
Depositing User: Aileen Faustine
Date Deposited: 23 Jun 2023 05:30
Last Modified: 23 Jun 2023 05:30
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/35199

Actions (login required)

View Item View Item