Faustine, Aileen (2023) Analisis isi komparatif daya tarik iklan dan struktur pesan tentang k-pop pada akun instagram @tokopedia dan @shopee_id. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (421kB) |
|
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf Download (479kB) |
|
Text (BAB 2)
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (155kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (141kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf Download (188kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (47kB) | Request a copy |
Abstract
Budaya Korea merupakan salah satu budaya yang masuk ke Indonesia dan banyak mendapatkan respon positif bagi penerimanya, masuknya budaya Korea terutama K-Pop inilah yang dimanfaatkan untuk para pengiklan dalam melakukan komunikasi pemasaran. Media sosial instagram merupakan salah satu media yang dianggap paling efektif untuk melakukan promosi produk atau jasa. e-commerce yang paling sering digunakan oleh masyarakat Indonesia sendiri adalah Tokopedia dan Shopee. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana daya tarik iklan dan struktur pesan terdapat pada instagram milik @tokopedia dan @shopee_id. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode analisis isi. Penggunaan daya tarik iklan Tokopedia menerapkan seluruh indikator namun cenderung menonjolkan pada kategori distinctive dengan menggunakan penekanan pesan one-sided, penyajian pesan secara anti-climax, penyusunan pesan primacy, dan penarikan pesan secara eksplisit. Shopee menerapkan seluruh indikator daya tarik iklan, namun cenderung menonjolkan pada kategori meaningful dan believable dengan menggunakan penekanan pesan two-sided, penyajian pesan secara anti-climax, penyusunan pesan primacy, dan penarikan pesan secara eksplisit.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Department: | S1 - Ilmu Komunikasi |
Contributors: | Contribution Contributors NIDN / NIDK Email Thesis advisor Purnama, Finsensius Yuli NIDN0719078401 UNSPECIFIED Thesis advisor Krisdinanto, Nanang NIDN0726126602 UNSPECIFIED |
Uncontrolled Keywords: | Daya tarik iklan, struktur pesan, analisis isi, komparatif |
Subjects: | Communication Science |
Divisions: | Faculty of Communication Science > Communication Science Study Program |
Depositing User: | Aileen Faustine |
Date Deposited: | 23 Jun 2023 05:30 |
Last Modified: | 23 Jun 2023 05:30 |
URI: | http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/35199 |
Actions (login required)
View Item |