Menakar Dampak Kekerasan Verbal dalam Pembelajaran oleh Guru terhadap Peserta Didik di SMP se-Kota Madiun

Wijayanti, Wenny and Djokowidodo, Agustinus (2019) Menakar Dampak Kekerasan Verbal dalam Pembelajaran oleh Guru terhadap Peserta Didik di SMP se-Kota Madiun. In: Prosiding Seminar Nasional PPM IV dengan tema "Diseminasi Hasil Penelitian dan Pengabdian l(epada Masyarakat Mennju Era Revolusi Industri 4.0 dan New Society 5.0, 21 September 2019, LPPM Univ. PGRI Ronggolawe Tuban.

[thumbnail of Menakar Dampak Kekerasan Verbal dalam Pembelajaran oleh Guru terhadap Peserta Didik di SMP se-Kota Madiun] Text (Menakar Dampak Kekerasan Verbal dalam Pembelajaran oleh Guru terhadap Peserta Didik di SMP se-Kota Madiun)
10pn-Menakar_dampak_kekerasan_.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Menakar Dampak Kekerasan Verbal dalam Pembelajaran oleh Guru terhadap Peserta Didik di SMP se-Kota Madiun] Text (Menakar Dampak Kekerasan Verbal dalam Pembelajaran oleh Guru terhadap Peserta Didik di SMP se-Kota Madiun)
10pn-Menakar_dampak_kekerasan_hasil cek similarity.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui bentuk kekerasan verbal dalam pembelajaran di SMP se-Kota Madiun dan (2) mengetahui dan mendeskripsi dampak kekerasan verbal dalam pembelajaran yang dilakukan oleh guru terhadap peserta didik di SMP se-Kota Madiun. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, dengan data berupa hasil angket dan sumber data penelitian ini adalah peserta didik di SMP N se-Kota Madiun yang terdiri atas SMP N 4 Madiun, SMP N 10 Madiun, MTs. N Kota Madiun, dan SMP K Santo Yusuf Madiun. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan didapatkan hasil penelitian berupa bentuk kekerasan verbal yang terjadi selama pembelajaran yaitu bentuk mengejek, membentak, mengancam, menghina, menyinggung, memarahi, mengumpat, memanggil dengan nama buruk, dan memanggil dengan nama orang tua. Adapun dampak kekerasan verbal yang dilakukakn oleh guru tersebut yaitu menjadikan peserta didik merasa tidak percaya diri, takut, cemas, tertekan, depresi, malu, tidak semangat sekolah, membenci guru yang melakukan tindak kekerasan verbal

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Kekerasan Verbal; Guru; Peserta Didik
Subjects: Widya Mandala Catholic University on Madiun Campus > Faculty of Teacher Training and Education > Education of Indonesian Language Study Program
Divisions: Proceeding
Depositing User: F.X. Hadi
Date Deposited: 29 May 2023 09:27
Last Modified: 29 May 2023 09:27
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/34892

Actions (login required)

View Item View Item