Kesantunan Berbahasa pada Judul Berita Kasus Korupsi di Media Sosial

Wijayanti, Wenny and Subekti, Natalia Desi (2018) Kesantunan Berbahasa pada Judul Berita Kasus Korupsi di Media Sosial. In: PROSIDING SEMINAR NASIONAL SEMINAR MASYARAKAT ILMIAH (SEMAI) 2018, 25 April 2018, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[thumbnail of Kesantunan Berbahasa pada Judul Berita Kasus Korupsi di Media Sosial] Text (Kesantunan Berbahasa pada Judul Berita Kasus Korupsi di Media Sosial)
9pn-Kesantunan_berbahasa_pada_judul_.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Kesantunan Berbahasa pada Judul Berita Kasus Korupsi di Media Sosial] Text (Kesantunan Berbahasa pada Judul Berita Kasus Korupsi di Media Sosial)
9pn-Kesantunan_berbahasa_pada_judul_hasil cek similarity.pdf

Download (1MB)

Abstract

Media merupakan salah satu sarana untuk mendapatkan dan menyampaikan informasi. Media bisa juga dikatakan sebagai sarana pendidikan karena melalui media seorang pembaca maupun pendengar semakin dapat berpikir kritis mengenai sesuatu hal. Sebelumnya, peran media dianggap sangat penting karena bisa memberikan informasi yang akurat dan bisa dipercaya. Namun, seiring dengan kebebasan pers, semakin bebas pula orang menulis dalam media, salah satunya yaitu media sosial. Seperti yang kita ketahui, banyak pemberitaan yang ada di media sosial yang menyudutkan seseorang. Hal tersebut mungkin dilatarbelakangi oleh beberapa kepentingan seperti kepentingan politik, ekonomi, maupun budaya. Akhir-akhir ini kasus korupsi merupakan kasus yang sering disorot oleh media. Berbagai media menyiarkan kasus korupsi yang telah menjerat beberapa tokoh politik Indonesia. Melalui media lah seseorang bisa mendapatkan informasi terkait kasus-kasus yang menjerat beberapa tokoh politik kita. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan kesantunan berbahasa pada judul berita kasus korupsi di media sosial dan mengetahui dan mendeskripsikan bentuk pelanggaran kesantunan berbahasa pada judul berita kasus korupsi di media sosial. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatis. Data penelitian ini adalah kalimat/tuturan yang terdapat pada judul berita kasus politik di media sosial. Sumber data penelitian ini adalah kumpulan berita yang terdapat di media sosial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa beberapa media sosial telah memenuhi prinsip kesantunan berbahasa dalam pemberitaannya, meskipun terdapat juga pelanggaran kesantunan berbahasa pada judul berita kasus korupsi di media sosial yang persentasenya lebih banyak dari pematuhannya.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Kesantunan berbahasa, korupsi, media
Subjects: Widya Mandala Catholic University on Madiun Campus > Faculty of Teacher Training and Education > Education of Indonesian Language Study Program
Divisions: Proceeding
Depositing User: F.X. Hadi
Date Deposited: 29 May 2023 07:53
Last Modified: 29 May 2023 07:53
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/34891

Actions (login required)

View Item View Item