Pengaruh tipe kepribadian dominan siswa dalam Pembelajaran Berbasis Masalah

Kristanto, Vigih Hery and Santoso, Fransiskus Gatot Iman ORCID: https://orcid.org/0000-0001-8095-8697 (2014) Pengaruh tipe kepribadian dominan siswa dalam Pembelajaran Berbasis Masalah. Prosiding Seminat Pendidikan Matematika UNY LSM XXII Tahun 2014, 1. pp. 314-329. ISSN 978-979-17763-7-0

[thumbnail of Prosiding Seminar Pendidikan Matematika UNY LSM XXII Tahun 2014] Text (Prosiding Seminar Pendidikan Matematika UNY LSM XXII Tahun 2014)
2014 PROSIDING LSM XXII 2013 Vigih anggota FGIS.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui adakah perbedaan hasil belajar matematika siswa dominan tipe kepribadian tertentu pada Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) dan untuk mengetahui manakah tipe kepribadian yang memiliki hasil belajar lebih baik. Penelitian dilaksanakan pada siswa kelas VIII SMPN di kota Madiun, semester ganjil tahun pelajaran 2013/2014. Model pembelajaran yang digunakan adalah Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM). Karakteristik siswa yang dianalisis adalah tipe kepribadian dominan. Tipe kepribadian yang dipilih, yaitu: teoritis, ekonomis, sosial, politis. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik stratified cluster random sampling. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII A dan VIIIB SMPN 4 Madiun, siswa kelas VIIIA dan VIIIB SMPN 9 Madiun, serta siswa kelas VIIID dan VIIIE SMPN 13 Madiun. Total sampel penelitian 181 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar dan angket tipe kepribadian untuk mengelompokkan siswa ke masing-masing tipe kepribadian. Untuk menguji hipotesis, digunakan uji hipotesis mengenai rerata. Hasil yang diperoleh adalah, 1) tidak terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa yang dominan tipe kepribadian tertentu pada PBM, 2) hasil belajar siswa tipe kepribadian teoritis tidak lebih baik daripada hasil belajar siswa tipe kepribadian lain, 3) hasil belajar siswa tipe kepribadian politis tidak lebih baik daripada hasil belajar siswa tipe kepribadian ekonomis dan sosial, dan 4) hasil belajar siswa tipe kepribadian ekonomis tidak lebih baik daripada hasil belajar siswa tipe kepribadian sosial. Diperoleh kesimpulan, tidak terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa yang dominan tipe kepribadian tertentu pada PBM dan tidak ada tipe kepribadian siswa yang memiliki hasil belajar lebih baik daripada tipe kepribadian lain.

Item Type: Article
Subjects: Widya Mandala Catholic University on Madiun Campus > Faculty of Teacher Training and Education
Widya Mandala Catholic University on Madiun Campus > Faculty of Teacher Training and Education > Mathematics Education Study Program
Mathematics
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > PSDKU - Mathematics Education Study Program
Depositing User: F. Gatot Iman Santoso
Date Deposited: 10 Apr 2023 05:49
Last Modified: 10 Apr 2023 08:06
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/34583

Actions (login required)

View Item View Item