Pengaruh gaya belajar terhadap matematika pada Pembelajaran Berdasarkan Masalah

Santoso, Fransiskus Gatot Iman ORCID: https://orcid.org/0000-0001-8095-8697 (2014) Pengaruh gaya belajar terhadap matematika pada Pembelajaran Berdasarkan Masalah. Prosiding Seminar Pendidikan Matematika LSM XXII Tahun 2014, 1. pp. 222-231. ISSN 978-979-17763-7-0

[thumbnail of Artikel Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika LSM XXII Tahun 2014] Text (Artikel Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika LSM XXII Tahun 2014)
2014 PROSIDING LSM XXII 2013 FGIS.pdf - Published Version

Download (820kB)

Abstract

Penelitian ini diadakan bertujuan untuk mengetahui tipe gaya belajar siswa yang dimiliki siswa memberikan pengaruh yang berbeda terhadap motivasi berprestasi siswa terhadap matematika pada Pembelajaran Berdasarkan Masalah. Jenis penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri Kota Madiun dengan subjek penelitiannya adalah siswa kelas VIII SMP Negeri Kota Madiun pada Tahun Ajaran 2013/2014. Teknik pengambilan data pada penelitian ini menggunakan metode dokumentasi dan metode angket. Metode dokumentasi digunakan untuk mengetahui hasil ujian nasional matematika SMP yang digunakan untuk menentukan peringkat sekolah. Sedangkan metode angket ada 2 angket dalam penelitian ini, yakni angket motivasi berprestasi siswa terhadap matematika dan angket gaya belajar siswa. Angket motivasi berprestasi siswa terhadap matematika digunakan untuk mengetahui motivasi berprestasi siswa terhadap matematika, sedangkan angket gaya belajar siswa digunakan untuk mengetahui tipe gaya belajar siswa yang dominan. Hasil Penelitian ini diperoleh bahwa rataan motivasi berprestasi siswa dengan Gaya Belajar Siswa Visual sebesar 105,922 dengan standart deviasi 9,260, rataan motivasi berprestasi siswa dengan Gaya Belajar Siswa Auditorial sebesar 98,786 dengan standart deviasi 7,638, dan rataan motivasi berprestasi siswa dengan Gaya Belajar Siswa Kinestetik sebesar 97,965 dengan standart deviasi 9,754. Dari analisis statistika disimpulkan motivasi berprestasi siswa dengan Gaya Belajar Siswa Visual lebih baik daripada motivasi berprestasi siswa dengan Gaya Belajar Siswa Auditorial dan motivasi berprestasi siswa dengan Gaya Belajar Siswa Kinestetik, sedangkan motivasi berprestasi siswa dengan Gaya Belajar Siswa Auditorial dan motivasi berprestasi siswa dengan Gaya Belajar Siswa Kinestetik tidak terdapat perbedaan pada pembelajaran berdasarkan masalah.

Item Type: Article
Subjects: Widya Mandala Catholic University on Madiun Campus > Faculty of Teacher Training and Education
Widya Mandala Catholic University on Madiun Campus > Faculty of Teacher Training and Education > Mathematics Education Study Program
Mathematics
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > PSDKU - Mathematics Education Study Program
Depositing User: F. Gatot Iman Santoso
Date Deposited: 10 Apr 2023 05:42
Last Modified: 10 Apr 2023 08:07
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/34582

Actions (login required)

View Item View Item