Perancangan alat bantu kerja pada proses pengecatan frame jam dinding di PT. Permata Chandra Surya

Angela, Marshella Felicia, Dewi, Dian Retno Sari and Santosa, Hadi (2015) Perancangan alat bantu kerja pada proses pengecatan frame jam dinding di PT. Permata Chandra Surya. Perancangan alat bantu kerja pada proses pengecatan frame jam dinding di PT. Permata Chandra Surya, 14 (1). pp. 1-8. ISSN pISSN: 1412-7350, eISSN: 2621-3362

[thumbnail of Perancangan alat bantu kerja pada proses pengecatan frame jam dinding di PT. Permata Chandra Surya] Text (Perancangan alat bantu kerja pada proses pengecatan frame jam dinding di PT. Permata Chandra Surya)
17-Perancangan_alat_bantu_kerja_.pdf

Download (272kB)
[thumbnail of Perancangan alat bantu kerja pada proses pengecatan frame jam dinding di PT. Permata Chandra Surya] Text (Perancangan alat bantu kerja pada proses pengecatan frame jam dinding di PT. Permata Chandra Surya)
17-Perancangan_alat_bantu_kerja_hasil cek similarity.pdf

Download (2MB)

Abstract

Perancangan dan pengembangan produk merupakan tahapan untuk pembuatan produk yang efisien dan efektif guna diproduksi dan dijual untuk meraih keuntungan perusahaan. PT. Permata Chandra Surya merupakan perusahaan yang bergerak di bidang perakitan jam dinding. Terdapat proses produksi pengecatan frame jam dinding yang mengalami kesulitan. Pada proses ini perusahaan mengharapkan adanya peningkatan hasil produksi dari biasanya. Namun, proses ini masih dilakukan secara manual oleh pekerja yaitu tangan sebelah kiri memutar media untuk meletakkan frame sedangkan tangan sebelah kanan memegang alat semprot cat. Apabila proses pengecatan telah usai dilakukan maka pekerja dapat mengehentikan media jam dinding tersebut dengan cara tangan sebelah kiri menyentuh media tersebut. Proses ini juga dilakukan dengan posisi yang kurang nyaman sehingga ini menyebabkan pekerja mengalami keluhan kesakitan pada anggota tubuhnya. Selain itu, proses ini merupakan proses yang memiliki resiko tinggi terhadap keselamatan dan kesehatan kerja bagi organ tubuh pekerja, khusunya paru-paru. Alat pengecatan frame jam dinding dengan penggerak motor adalah salah satu alat bantu kerja yang dapat diusulkan untuk mengatasi permasalahan tersebut. Oleh sebab itu, alat bantu kerja ini dapat diaplikasikan di perusahaan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Perancangan dan Pengembangan Produk, Ergonomi, Keselamatan dan Kesehatan Kerja
Subjects: Engineering > Industrial Engineering
Divisions: Journal Publication
Depositing User: F.X. Hadi
Date Deposited: 27 Mar 2023 08:31
Last Modified: 03 May 2023 08:41
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/34496

Actions (login required)

View Item View Item