Analisis Kelayakan Bisnis Kue Muffin dari Tepung Uwi

Lionora, Gabby, Dewi, Dian Retno Sari and Rahaju, Dini Endah Setyo (2013) Analisis Kelayakan Bisnis Kue Muffin dari Tepung Uwi. Analisis Kelayakan Bisnis Kue Muffin dari Tepung Uwi, 12 (1). pp. 68-81. ISSN 1412-7350

[thumbnail of Analisis Kelayakan Bisnis Kue Muffin dari Tepung Uwi] Text (Analisis Kelayakan Bisnis Kue Muffin dari Tepung Uwi)
14-Analisis_kelayakan_bisnis_kue_.pdf

Download (421kB)
[thumbnail of Analisis Kelayakan Bisnis Kue Muffin dari Tepung Uwi] Text (Analisis Kelayakan Bisnis Kue Muffin dari Tepung Uwi)
14-Analisis_kelayakan_bisnis_kue_hasil cek similarity.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kue muffin merupakan salah satu jenis cupcake yang sedang populer di pasaran dan sangat disukai oleh banyak orang mulai dari anak hingga orang dewasa. Pada umumnya, kue muffin dibuat dari tepung terigu. Namun, pada penelitian ini kue muffin dibuat dari tepung gembili/uwi. Kue muffin selain dapat dikonsumsi oleh semua orang, juga dapat dikonsumsi oleh penderita diabetes dan anak berkebutuhan khusus (autis). Kue muffin dari tepung gembili/uwi ini merupakan produk baru, sehingga permasalahan yang dihadapi yaitu penentuan parameter faktor pada proses pembuatan. Untuk memproduksi kue muffin, perlu ditentukan kombinasi level faktor yang optimal. Penelitian ini menggunakan tiga faktor, yaitu tepung gembili/uwi, mentega, dan baking powder. Untuk setiap faktor digunakan dua level, yaitu tepung gembili/uwi dengan takaran 75 dan 100 gr, mentega dengan takaran 75 dan 100 gr, serta baking powder dengan takaran ½ dan 1 sdt. Langkah yang diambil untuk penelitian ini ialah mengujicobakan kue muffin dari tepung gembili/uwi kepada responden kemudian responden memberikan penilaian pada kuesioner terhadap tingkat kesukaan. Dari data yang diperoleh lalu diolah dan dianalisis lebih lanjut untuk mendapatkan satu resep yang akan digunakan dalam pembuatan kue muffin dari salah satu tepung yang lebih disukai oleh konsumen. Bisnis kue muffin ini ditinjau kelayakannya dari segi teknis maupun finansial.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: gembili, uwi, kue muffin, full factorial design, segi teknis, segi finansial
Subjects: Engineering > Industrial Engineering
Divisions: Journal Publication
Depositing User: F.X. Hadi
Date Deposited: 24 Mar 2023 09:36
Last Modified: 03 May 2023 08:36
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/34482

Actions (login required)

View Item View Item