Perancangan Sistem Perencanaan dan Pengendalian Persediaan Produk Multi Pemasok di UD. Sahabat

Budi, Dyna Setia, Dewi, Dian Retno Sari and Rahaju, Dini Endah Setyo (2011) Perancangan Sistem Perencanaan dan Pengendalian Persediaan Produk Multi Pemasok di UD. Sahabat. Perancangan Sistem Perencanaan dan Pengendalian Persediaan Produk Multi Pemasok di UD. Sahabat, 10 (1). pp. 68-81. ISSN 1412-7350

[thumbnail of Perancangan Sistem Perencanaan dan Pengendalian Persediaan Produk Multi Pemasok di UD. Sahabat] Text (Perancangan Sistem Perencanaan dan Pengendalian Persediaan Produk Multi Pemasok di UD. Sahabat)
13-Perancangan_sistem_perencanaan_.pdf

Download (534kB)

Abstract

UD. Sahabat adalah sebuah toko yang memiliki beberapa pemasok dalam memenuhi kebutuhan stoknya. Selama ini perusahaan melakukan pemilihan pemasok dengan pertimbangan harga saja, tanpa mempertimbangkan kebijakan pemasok yang lain seperti: waktu pengiriman dan juga jumlah minimum pemesanan, padahal setiap kebijakan yang diberikan oleh pemasok sangat berdampak pada total biaya yang harus dikeluarkan oleh perusahaan. Permasalahan yang sering terjadi adalah kesalahan alokasi jumlah pemesanan dan pemilihan pemasok, sehingga menimbulkan biaya yang besar. Selain itu, kesalahan pemilihan pemasok menyebabkan terjadinya out of stock, sehingga berdampak pada pengurangan keuntungan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pemasok untuk setiap produk dengan mempertimbangkan: harga, waktu pengiriman, dan jumlah minimum pemesanan serta merancang sistem perencanaan dan pengendalian persediaan yang optimal. Metode yang digunakan adalah optimasi untuk mentukan pemasok untuk masing-masing produk yang terintegrasi dengan metode jointly order, sehingga dapat diperoleh total biaya minimal. Biaya simpan yang dihasilkan dengan penggunaan metode ini cenderung lebih besar daripada penggunaan metode awal akan tetapi metode ini dapat memberikan penghematan biaya pesan yang cukup banyak sehingga pada akhirnya total biaya yang dihasilkan masih relatif lebih kecil. Penggunaan metode ini dapat menghasilkan penghematan yang cukup besar bila dibandingkan dengan metode awal yang digunakan oleh perusahaan, yaitu sebesar 17,37%.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: persediaan produk, jointly order, multi pemasok, optimasi
Subjects: Engineering > Industrial Engineering
Divisions: Journal Publication
Depositing User: F.X. Hadi
Date Deposited: 24 Mar 2023 09:23
Last Modified: 24 Mar 2023 09:23
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/34481

Actions (login required)

View Item View Item