Studi Pendahuluan Penambatan Molekul Senyawa Kandungan Dari Cinnamomi Cortex terhadap Epitop Respiratory Syncytial Virus (RSV)

Wibowo, Marisa Cyntia, Widjajakusuma, Elisabeth Catherina and Ervina, Martha (2022) Studi Pendahuluan Penambatan Molekul Senyawa Kandungan Dari Cinnamomi Cortex terhadap Epitop Respiratory Syncytial Virus (RSV). In: Seminar Nasional 2022 SENIATI 2022 METAVERSE: Peluang dan Tantangan Pendidikan Tinggi di Era Industri 5.0, 13 Juli 2022, ITN Malang.

[thumbnail of Studi Pendahuluan Penambatan Molekul Senyawa Kandungan Dari Cinnamomi Cortex terhadap Epitop Respiratory Syncytial Virus (RSV)] Text (Studi Pendahuluan Penambatan Molekul Senyawa Kandungan Dari Cinnamomi Cortex terhadap Epitop Respiratory Syncytial Virus (RSV))
18p-Studi_pendahuluan_penambatan_hasil cek similarity.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Studi Pendahuluan Penambatan Molekul Senyawa Kandungan Dari Cinnamomi Cortex terhadap Epitop Respiratory Syncytial Virus (RSV)] Text (Studi Pendahuluan Penambatan Molekul Senyawa Kandungan Dari Cinnamomi Cortex terhadap Epitop Respiratory Syncytial Virus (RSV))
18p-Studi_pendahuluan_penambatan_.pdf

Download (958kB)

Abstract

Motavizumab merupakan imunoglobulin (IgG1) antibodi monoklonal rekombinan. Antibodi monoklonal ini banyak digunakan untuk mengobati penyakit yang disebabkan oleh respiratory syncytial virus (RSV). Antibodi ini mengikat protein RSV F yang berperan dalam perlekatan virus dan memediasi fusi. Ekstrak dari Cinnamomi Cortex diketahui dapat digunakan sebagai antivirus. Senyawa flavonoid salah satunya katekin memiliki potensi sebagai antivirus COVID-19. Salah satu senyawa dari ekatrak proantosianidin juga dikenal sebagai tanin terkondensasi yang memiliki aktivitas sebagai antivirus dengan menghambat infeksi SARS-CoV dan upregulasi. Dalam penelitian ini dilakukan studi penambatan molekul pada 14 senyawa yang terkandung dari Cinnamomi Cortex terhadap epitop RSV. Hasil penelitian ini menunjukkan senyawa yang afinitas pengikatan paling baik (ΔG), dan konstanta inhibisi (Ki) terdapat pada 4 senyawa yaitu pada senyawa (+)-epikatekin (ΔG -5,77 kkal/mol dan Ki 59,43 μM), β-kariofilen (ΔG -5,45 kkal/mol dan Ki 100,45 μM), (+)-katekin (ΔG -5,17 kkal/mol dan Ki 162,53 μM), dan (-)-katekin (ΔG -5,09 kkal/mol dan Ki 186,98 μM). Interaksi ikatan hidrogen pada residu asam amino THR108 dengan gugus hidroksil pada ketiga senyawa (+)-epikatekin, (+)-katekin, (-)-katekin. Interaksi ikatan hidrofobik pada residu asam amino PRO149 yang memiliki C alkil yang berikatan dengan C rangkap pada keempat senyawa (+)-epikatekin, beta-kariofilen, (+)-katekin, (-)-katekin.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: epitop RSV, 3QWO, Cinnamomi Cortex, afinitas ikatan, konstanta inhibisi, penambatan molekul
Subjects: Pharmacy
Divisions: Proceeding
Depositing User: F.X. Hadi
Date Deposited: 21 Mar 2023 06:00
Last Modified: 21 Mar 2023 06:00
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/34452

Actions (login required)

View Item View Item