Pengaruh permainan kosakata Bahasa Inggris melalui permainan digital smart board for kids terhadap perkembangan bahasa anak usia 5-6 tahun

Anggraini, Kristin, Kriesye S., Maria Josephine and Mindari, Ruruh (2023) Pengaruh permainan kosakata Bahasa Inggris melalui permainan digital smart board for kids terhadap perkembangan bahasa anak usia 5-6 tahun. Working Paper Staff (Laporan Penelitian Dosen). Faculty of Teacher Training and Education, Surabaya. (Submitted)

[thumbnail of Pengaruh permainan kosakata Bahasa Inggris melalui permainan digital smart board for kids terhadap perkembangan bahasa anak usia 5-6 tahun] Text (Pengaruh permainan kosakata Bahasa Inggris melalui permainan digital smart board for kids terhadap perkembangan bahasa anak usia 5-6 tahun)
LAPORAN AKHIR BU KRISTIN PG-PAUD.pdf
Restricted to Registered users only

Download (486kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan aspek perkembangan Bahasa anak usia 5-6 tahun dimana salah satu aspek perkembangan anak yang penting untukdikembangkan adalah perkembangan bahasa. Terdapat dua alasan yang kuat mengapa perkembangan bahasa anak sangat penting untuk distimulasi yaitu pertama, kemampuan bahasa sebagai alat komunikasi sangatlah vital bagi anak untuk mengungkapkan apa yang dirasakan dan dibutuhkannya. Yang kedua, bahasa berperan besar dalam upaya untuk memahami apa yang anak lihat dan dengar di sekitarnya. Pengenalan pada bahasa apapun sebaiknya dilakukan melalui aktivitas-aktivitas yang menarik dan menyenangkan bagi anak serta sesuai dengan usia dan karakter anak, sehingga kosakata yang didengar akan mudah dipahami, diingat artinya, dan bisa diucapkan atau ditirukan oleh anak. Penelitian ini menggunakan permainan Digital Smart Board for Kids sebagai sarana pembelajaran kosakata Bahasa Inggris bagi anak usia dini. Adapun jenis penelitan kuantitatif yang digunakan adalah design preexperimental dengan one group pretest-posttest. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun sebanyak 15 anak. Adapun pemilihan subjek dengan mempertimbangkan penerapan bahasa asing utamanya Bahasa Inggris dalam kegiatan belajar mengajar di TK. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Untuk menarik kesimpulan dari hasil penelitian, dilakukan uji hipotesis dengan menggunakan uji-t. Sebelum melakukan uji-t, terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas terhadap hasil penelitian. Dimana nilai alpha lebih dari 0.05, maka data dianggap cukup baik dan reliabel. Sedangkan uji hipotesis dilakukan untuk mengetahui pengaruh permainan kosakata Bahasa Inggris melalui Digital Smart Board for Kids terhadap perkembangan bahasa anak usia 5-6 tahun di era merdeka belajar. Permainan Digital Smart Board for kids ini dapat dimainkan oleh semua anak, sehingga pengembangan di kelas menjadi lebih aplikatif, kontekstual serta menarik. Kesimpulannya, bahwa permainan Digital Smart Board for kids dapat digunakan untuk mengembangkan perkembangan bahasa anak dengan baik terutama dalam hal memahami, mengingat dan mengucapkan/menirukan kosakata Bahasa Inggris pada anak usia 5-6 tahun..

Item Type: Monograph (Working Paper Staff (Laporan Penelitian Dosen))
Department: S1 - Pendidikan Guru PAUD
Uncontrolled Keywords: Permainan kosakata Bahasa Inggris, digital smart board for kids, perkembangan bahasa, anak usia 5-6 tahun.
Subjects: Early Childhood Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Early Childhood Education Study Program
Depositing User: SPd., M.Pd Kristin Anggraini
Date Deposited: 21 Mar 2023 06:49
Last Modified: 21 Mar 2023 06:49
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/34450

Actions (login required)

View Item View Item