Efektifitas penggunaan meotde ceramah dan metode bermain terhadap pemahaman remaja tentang infeksi menular seksual (IMS) dan HIV/AIDS

Liufeto, Kusuma B, . (2008) Efektifitas penggunaan meotde ceramah dan metode bermain terhadap pemahaman remaja tentang infeksi menular seksual (IMS) dan HIV/AIDS. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)
[thumbnail of LAMPIRAN]
Preview
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Infeksi Menular Seksual (IMS) dan HIV/AIDS merupakan masalah yang berhubungan erat dengan kesehatan individu. Penyakit ini dapat menyebar lewat hubungan seksual atau penggunaan jarum suntik secara bergantian, dsb. Sampai saat ini, belum ditemukan obat untuk mengobati penyakit ini HIV/AIDS. Hal ini seharusnya membuat manusia lebih waspada dalam menjalani kehidupannya. Untuk IMS sendiri, sudah banyak obat yang ditemukan untuk dipakai mengobati infeksi yang diderita. Bila dilihat dari kelompok resiko tinggi berdasarkan usia, maka penyakit ini juga banyak dialami oleh remaja. Remaja yang memiliki rasa ingin tahu yang besar terhadap hal-hal baru, dapat membuat mereka terjerumus melakukan tindakan-tindakan yang merugikan diri mereka sendiri. Untuk itulah penelitian ini difokuskan pada remaja sebagai subjek penelitian. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 60 orang siswa SMA Kristen Efata SoE. Jumlah tersebut akan dibagi menjadi dua kelompok, yaitu 30 orang dari kelas 0.1 menerima treatmen metode ceramah, dan 30 orang dari kelas 10.3 yang menerima treatmen metode bermain. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling, dimana pengambilan sampel hanya dilakukan berdasarkan pertimbangan peneliti semata. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket yang terdiri dari angket tentang IMS dan angket tentang HIV/AIDS. Teknik analisis data yang digunakan yaitu independent sample t-test, paired sample test dan mann-whitney test. Statistik non-parametrik digunakan karena ada data yang tidak mengikuti distribusi normal. Untuk data yang mengikuti distribusi normal, digunakan statistik parametrik untuk melihat perbandingan hasil nilai yang diperoleh berdasarkan treatmen yang diberikan dan juga untuk melihat apakah ada perubahan pemahaman remaja treatmen diberikan. Hasil dari pengolahan data yaitu bahwa kedua metode (metode bermain dan metode ceramah) terbukti efektif sehingga dapat digunakan untuk meningkatkan pemahaman remaja tentang IMS dan HIV/AIDS. Hasil yang ditunjukkan gainscore materi IMS kelompok ceramah dan kelompok bermain menunjukkan nilai p sebesar 0,000 (p<0,05). Sedangkan untuk materi HIV, hasilnya juga tidak berbeda, p = 0,000 (p< 0,05). Untuk perbandingan metode mana yang lebih efektif, maka hasil nilai p berdasarkan post-test IMS yang diperoleh kedua kelompok treatmen sebesar 0,419 (p > 0,05). Untuk materi HIV/AIDS maka nilai p = 0,598 (p > 0,05). Dengan demikian dapat dikatakan bahwa kedua metode memberikan sumbangan positif pada pemahaman remaja tentang IMS dan HIV/AIDS.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Psycology" not defined]
Uncontrolled Keywords: Pemahaman, IMS, HIV/AIDS
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Psychology Study Program
Depositing User: Users 33 not found.
Date Deposited: 13 Oct 2015 06:13
Last Modified: 13 Oct 2015 06:13
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/3444

Actions (login required)

View Item View Item