Penentuan Strategi Digital Marketing Sebagai Teknik Komunikasi yang Efektif (Studi Kasus: Ban Motor X)

Yustian, Alvin and Dewi, Dian Retno Sari (2017) Penentuan Strategi Digital Marketing Sebagai Teknik Komunikasi yang Efektif (Studi Kasus: Ban Motor X). In: Prosiding Seminar Nasional Riset dan Teknologi Terapan ke-VII, 3 Agustus 2017, Unika Widya Mandira Kupang.

[thumbnail of Penentuan Strategi Digital Marketing Sebagai Teknik Komunikasi yang Efektif (Studi Kasus: Ban Motor X)] Text (Penentuan Strategi Digital Marketing Sebagai Teknik Komunikasi yang Efektif (Studi Kasus: Ban Motor X))
27p-Penentuan_strategi_digital_marketing_.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Penentuan Strategi Digital Marketing Sebagai Teknik Komunikasi yang Efektif (Studi Kasus: Ban Motor X)] Text (Penentuan Strategi Digital Marketing Sebagai Teknik Komunikasi yang Efektif (Studi Kasus: Ban Motor X))
30p-Penentuan_strategi_digital_marketing_hasil cek similarity.pdf

Download (2MB)

Abstract

Strategi pemasaran merupakan hal yang sangat penting bagi perusahaan. Hal ini disebabkan karena banyak perusahaan yang bersaing pada segmen dan pasar yang sama sehingga persaingan menjadi semakin ketat. Salah satu perusahaan yang bersaing ketat saat ini adalah perusahaan spare part motor. Seiring dengan banyaknya pengguna sepeda motor, semakin banyak pula permintaan akan spare part sepeda motor. Salah satu spare part yang banyak diminati adalah ban motor. Salah satu perusahaan yang bersaing dalam pasar ban motor adalah PT. XYZ, dengan produk ban motor X. Dalam menarik minat konsumen untuk membeli ban motor X, PT. XYZ memerlukan strategi komunikasi pemasaran yang efektif dan sesuai dengan target pasar. Komunikasi pemasaran merupakan suatu kegiatan yang dilakukan perusahaan untuk menginformasikan, meyakinkan dan mengingatkan konsumen mengenai produk dan merk yang dijual oleh perusahaan tersebut. Salah satu bentuk dari komunikasi pemasaran adalah pemasaran digital. Strategi digital marketing untuk ban motor X akan efektif jika strategi pemasaran tepat pasar sasaran. Populasi kawula muda merupakan target pasar. Pengolahan dengan analisis cluster, crosstab, dan diskriminan membantu dalam menentukan strategi pemasaran yang efektif. Hasil yang diperoleh adalah terbentuk dua cluster responden dengan ciri strategi pemasaran digital yang berbeda. Untuk strategi pemasaran cluster 1,jenis ban yang diiklankan sebaiknya ban jenis touring, sebaiknya pengiklanan dilakukan di media facebook, Instagram, di channel-channel youtube yang bernuansa santai, dan koran digital. Selain itu sebaiknya iklan mencantumkan harga, promosi harga, dan gunakan artis. Untuk cluster 2, jenis ban yang diiklankan sebiknya banjenis sport, sebaiknya melakukan pengiklanan di media line, channel-channel otomotif di youtube, majalah otomotif digital, adakan/sponsori perlombaan game online dan pameran-pameran otomotif. Strategi efektif telah dirancang sesuai dengan karakter setiap cluster terbentuk.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: strategi pemasaran digital, analisa cluster, crosstab, diskriminan
Subjects: Engineering > Industrial Engineering
Divisions: Proceeding
Depositing User: F.X. Hadi
Date Deposited: 15 Mar 2023 09:34
Last Modified: 04 May 2023 03:29
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/34435

Actions (login required)

View Item View Item