Perbaikan Tata Letak Pabrik Dengan Metode Clustering (Studi Kasus: PT.SBS)

Dewi, Dian Retno Sari, Prianto, Yohanes Agus and Mulyono, Julius (2012) Perbaikan Tata Letak Pabrik Dengan Metode Clustering (Studi Kasus: PT.SBS). In: Prosiding Seminar Nasional Aplikasi Sains &Teknologi (SNAST2012), 3 November 2012, IST AKPRIND Yogyakarta.

[thumbnail of Perbaikan Tata Letak Pabrik Dengan Metode Clustering (Studi Kasus: PT.SBS)] Text (Perbaikan Tata Letak Pabrik Dengan Metode Clustering (Studi Kasus: PT.SBS))
24p-Perbaikan_tata_letak_pabrik_ .pdf

Download (7MB)
[thumbnail of Perbaikan Tata Letak Pabrik Dengan Metode Clustering (Studi Kasus: PT.SBS)] Text (Perbaikan Tata Letak Pabrik Dengan Metode Clustering (Studi Kasus: PT.SBS))
27p-Perbaikan_tata_letak_pabrik_hasil cek similairty.pdf

Download (8MB)

Abstract

Tata letak pabrik adalah pengaturan fasilitas-fasilitas pabrik yang berhubungan dengan proses produksi, seperti mesin produksi, mesin perakitan. Tata letak pabrik yang baik memiliki perpindahan material yang sedikit, dimana perpindahan material yang sedilrit akan mengurangi biaya perpindahan maupun waktu proses produksi. Perpindahan material yang sedikit diperlukan perancangan tata letak pabrik yang baik, salah satunya adalah metode heuristik Pengelompokkan berdasarkan Alur Produksi. Tempat penelitian dilakukan pada PT. Sepanjang Baut Sejahtera (SBS), sebuah industri yang bergerak pada bidang manufaktur yang memproduksi berbagai macam jenis baut dan mur dan merupakan perusahaan job shop. Beberapa macam produk yang dihasilkan, seperti baut cs, baut hex, mur hex, dan mur jt. Layout lantai produksi PT. SBS tidak dirancang dengan baik, dimana layout pada PT.SES merupakan layout tambal sulam yang mesin hanya ditempatkan pada area yang kosong dan mesin yang sejenis. Pada lantai produksi PT.SBS akan dilakukan perancangan tata letak yang dapal meminimasi total momen perpindahan yang terjadi dengan menggunakan Pengelompokkan berdasarkan Alur Produksi. Layout usulan mengelompokkan mesin-mesin yang memiliki kaitan pada routing operasi pada produk yang dihasilkan, sehingga dapal meminimasi jarak perpindahan. Dari hasil penelitian dapat meminimasi perpindahan material sebesar 97664830112,942m x gr atau sebesar 76, 0296408%.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Pengelompokkan berdasarkan Alur Produksi; Tata Letak Pabrik; Perpindahan Material
Subjects: Engineering > Industrial Engineering
Divisions: Proceeding
Depositing User: F.X. Hadi
Date Deposited: 15 Mar 2023 09:12
Last Modified: 04 May 2023 02:27
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/34432

Actions (login required)

View Item View Item