Konservatisme Akuntansi, Konsentrasi Kepemilikan dan Tanggung Jawab Sosial

Setiawan, Yan Christianto and Mettan, Santho Vlennery (2022) Konservatisme Akuntansi, Konsentrasi Kepemilikan dan Tanggung Jawab Sosial. Konservatisme Akuntansi, Konsentrasi Kepemilikan dan Tanggung Jawab Sosial, 32 (9). 2662 -2678. ISSN e-ISSN 2302-8556, Jurnal Nasional Terakreditasi Peringkat 4

[thumbnail of Konservatisme Akuntansi, Konsentrasi Kepemilikan dan Tanggung Jawab Sosial] Text (Konservatisme Akuntansi, Konsentrasi Kepemilikan dan Tanggung Jawab Sosial)
1-Konservatisme_akuntansi_konsentrasi_.pdf

Download (366kB)
[thumbnail of Konservatisme Akuntansi, Konsentrasi Kepemilikan dan Tanggung Jawab Sosial] Text (Konservatisme Akuntansi, Konsentrasi Kepemilikan dan Tanggung Jawab Sosial)
1-Konservatisme_akuntansi_konsentrasi_hasil cek similarity.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kualitas laporan keuangan dapat dilihat melalui karakteristik yang dianut, salah satunya ialah konservatisme. Selain konservatisme, Corporate Social Responsibility (CSR) juga merupakan bentuk komitmen perusahaan terhadap seluruh stakeholder. Penelitian bertujuan menguji hubungan konservatisme dengan performa CSR yang dimoderasi oleh konsentrasi kepemilikan dan kondisi makroekonomi. Populasi penelitian adalah badan usaha go public dan terdaftar di BEI, yang menerbitkan sustainability report selama periode 2018-2020. Jumlah sampel sebanyak 123 tahun amatan. Teknik pengambilan sampel penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Analisis uji hipotesis yang digunakan adalah random effect model pada struktur data panel. Hasil penelitian menunjukkan konservatisme akuntansi berpengaruh positif terhadap CSR. Adanya kondisi makroekonomi dapat memperkuat pengaruh konservatisme akuntansi terhadap performa CSR. Namun, adanya konsentrasi kepemilikan memperlemah pengaruh tersebut.

Item Type: Article
Additional Information: Jurnal Nasional Terakreditasi Peringkat 4
Uncontrolled Keywords: Konservatisme; CSR; Kepemilikan; Makroekonomi
Subjects: Entrepreneurship
Divisions: Journal Publication
Depositing User: F.X. Hadi
Date Deposited: 14 Mar 2023 04:39
Last Modified: 14 Mar 2023 04:39
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/34422

Actions (login required)

View Item View Item