Penggunaan Carbormer 940 sebagai Gelling Agent dalam Formula Pasta Gigi Ekstrak Buah Apel (Malus sylvestris Mill) dalam Bentuk Gel

Wijayanti, Luh Putu Widiasih, Darsono, Farida Lanawati and Ervina, Martha (2017) Penggunaan Carbormer 940 sebagai Gelling Agent dalam Formula Pasta Gigi Ekstrak Buah Apel (Malus sylvestris Mill) dalam Bentuk Gel. Penggunaan Carbormer 940 sebagai Gelling Agent dalam Formula Pasta Gigi Ekstrak Buah Apel (Malus sylvestris Mill) dalam Bentuk Gel, 4 (1). pp. 11-17. ISSN pISSN: 2338-8404, eISSN: 2657-2311, Jurnal Nasional terakreditasi Sinta 4

[thumbnail of Penggunaan Carbormer 940 sebagai Gelling Agent dalam Formula Pasta Gigi Ekstrak Buah Apel (Malus sylvestris Mill) dalam Bentuk Gel] Text (Penggunaan Carbormer 940 sebagai Gelling Agent dalam Formula Pasta Gigi Ekstrak Buah Apel (Malus sylvestris Mill) dalam Bentuk Gel)
13-Penggunaan_carbormer_940_.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Penggunaan Carbormer 940 sebagai Gelling Agent dalam Formula Pasta Gigi Ekstrak Buah Apel (Malus sylvestris Mill) dalam Bentuk Gel] Text (Penggunaan Carbormer 940 sebagai Gelling Agent dalam Formula Pasta Gigi Ekstrak Buah Apel (Malus sylvestris Mill) dalam Bentuk Gel)
13-Penggunaan_carbormer_940_hasil cek similarity.pdf

Download (2MB)

Abstract

Gigi seringkali tidak terlindungi dari beberapa penyakit, walaupun memiliki struktur yang keras. Penyakit gigi antara lain karies gigi (gigi berlubang) dan penyakit pada jaringan pendukung gigi. Karies gigi didefinisikan sebagai penyakit yang mengakibatkan kerusakan jaringan keras dari struktur gigi melalui proses demineralisasi. Streptococcus mutans dikenal sebagai mikroorganisme utama yang berperan dalam proses karies gigi. Salah satu cara untuk mengurangi pembentukan karies gigi adalah dengan menggunakan pasta gigi. Apel (Malus sylvestris Mill) varietas Manalagi yang memiliki katekin, memiliki khasiat sebagai anti karies gigi. Tujuan dari penelitian ini adalah memformulasi ekstrak etanol dari buah apel sebagai pasta gigi gel dengan menggunakan carbomer 940 sebagai agen pembentuk gel. Ekstrak etanol apel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 9,6%, sedangkan konsentrasi karbomer 940 yang digunakan adalah 0,75% (formula I), 1,0% (formula II) dan 1,5% (formula III). Evaluasi formula pasta gigi meliputi kualitas fisik termasuk organoleptik, homogenitas, pH, viskositas, dispersibilitas. Evaluasi karakteristik meliputi kemudahan pelepasan dari tabung, adhesi dan konsistensi. Evaluasi stabilitas mencakup stabilitas suhu kamar, suhu tinggi, dan tes bersepeda. Evaluasi aseptabilitas dan evaluasi iritasi dilakukan pada rahang sapi. Peningkatan konsentrasi Carbomer 940 sebagai agen pembentuk gel memiliki efek signifikan terhadap viskositas, dispersi, kemudahan pelepasan dari tabung, adhesi dan konsistensi. Hasil pengujian menunjukkan formula 3 (1,5% karbomer 940) adalah formula terbaik karena telah menghasilkan kualitas fisik sesuai dengan spesifikasi, sediaan yang dihasilkan stabil dan sangat disukai dan aman untuk digunakan.

Item Type: Article
Additional Information: Jurnal Nasional terakreditasi Sinta 4
Uncontrolled Keywords: Carbomer 940, Katekin, Malus sylvestris Mill, Pasta gigi
Subjects: Pharmacy
Divisions: Journal Publication
Depositing User: F.X. Hadi
Date Deposited: 27 Feb 2023 07:16
Last Modified: 21 Mar 2023 05:02
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/34376

Actions (login required)

View Item View Item