FMEA dan Fuzzy FMEA dalam Penilaian Risiko Lean Waste di Industri Manufaktur

Hartanti, Lusia Permata Sari, Mulyono, Julius and Mayang, Virarey (2022) FMEA dan Fuzzy FMEA dalam Penilaian Risiko Lean Waste di Industri Manufaktur. FMEA dan Fuzzy FMEA dalam Penilaian Risiko Lean Waste di Industri Manufaktur, 11 (2). pp. 293-304. ISSN pISSN: 2303-3142 eISSN: 2548-8570

[thumbnail of FMEA dan Fuzzy FMEA dalam Penilaian Risiko Lean Waste di Industri Manufaktur] Text (FMEA dan Fuzzy FMEA dalam Penilaian Risiko Lean Waste di Industri Manufaktur)
15-FMEA_dan_fuzzy_FMEA_dalam_.pdf

Download (417kB)
[thumbnail of FMEA dan Fuzzy FMEA dalam Penilaian Risiko Lean Waste di Industri Manufaktur _peer_review_] Text (FMEA dan Fuzzy FMEA dalam Penilaian Risiko Lean Waste di Industri Manufaktur _peer_review_)
15-R1&2-FMEA_dan_fuzzy_FMEA_dalam_penilaian_.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of FMEA dan Fuzzy FMEA dalam Penilaian Risiko Lean Waste di Industri Manufaktur] Text (FMEA dan Fuzzy FMEA dalam Penilaian Risiko Lean Waste di Industri Manufaktur)
15-FMEA_dan_fuzzy_FMEA_dalam_hasil cek similarity.pdf

Download (3MB)

Abstract

Salah satu masalah yang terjadi di industri adalah kemungkinan terjadinya permasalahan akibat pemborosan (waste) sepanjang value stream. Perusahaan yang mengolah kawat dan turunannya berupa paku, mur, baut, dan bendrat yang dalam proses produksi muncul waste. Dalam proses produksinya sering terjadi timbulnya waste yang dapat mengganggu proses produksi dan menimbulkan kerugian bagi perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis potential cause yang kritis setiap waste pada proses produksi paku dan merumuskan usulan perbaikan. Metode yang digunakan adalah FMEA dan fuzzy FMEA. Subjek penelitian adalah proses produksi paku di PT XY. Nilai occurance (O), severity (S), dan detection (D) ditentukan oleh kepala produksi dengan mengisi sejumlah pertanyaan dalam kuesioner FMEA. Nilai S, O, D akan diolah menggunakan FMEA dan fuzzy FMEA untuk mendapatkan Risk Priority Number (RPN) dan fuzzy FMEA. Hasil analisis menggunakan FMEA dan fuzzy FMEA, dua potential cause dari waste yang kritis dan mendesak untuk ditindaklanjuti adalah skill penanganan mesin dari operator yang rendah karena kurangnya pelatihan berkala dan penegasan Standard Operating Procedure (SOP), dan mesin digunakan merupakan mesin yang lama. Rumusan usulan perbaikan untuk menanggani potential cause adalah dengan mengadakan pelatihan dan penegasan pelaksanaan SOP dan perbaikan sistem pemeliharaan mesin.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Waste, Lean, Manufacturing, FMEA, Fuzzy FMEA
Subjects: Engineering > Industrial Engineering
Divisions: Journal Publication
Depositing User: F.X. Hadi
Date Deposited: 21 Feb 2023 06:14
Last Modified: 21 Feb 2023 06:14
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/34340

Actions (login required)

View Item View Item