Problematika Pembelajaran Online pada Aspek Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19 dan Merdeka Belajar

Anggraini, Kristin and Prastyo, Danang (2022) Problematika Pembelajaran Online pada Aspek Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19 dan Merdeka Belajar. Problematika Pembelajaran Online pada Aspek Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19 dan Merdeka Belajar, Specia (3). pp. 329-338. ISSN pISSN: 2714-8955 eISSN: 2715-9132

[thumbnail of Problematika Pembelajaran Online pada Aspek Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini di Masa  Pandemi Covid-19 dan Merdeka Belajar] Text (Problematika Pembelajaran Online pada Aspek Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19 dan Merdeka Belajar)
2-Problematika_pembelajaran_online_.pdf

Download (506kB)
[thumbnail of Problematika Pembelajaran Online pada Aspek Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini di Masa  Pandemi Covid-19 dan Merdeka Belajar _peer_review_] Text (Problematika Pembelajaran Online pada Aspek Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19 dan Merdeka Belajar _peer_review_)
2-R1&2-Problematika_pembelajaran_online_.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Problematika Pembelajaran Online pada Aspek Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini di Masa  Pandemi Covid-19 dan Merdeka Belajar] Text (Problematika Pembelajaran Online pada Aspek Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19 dan Merdeka Belajar)
2-Problematika_pembelajaran_online_hasil cek similarity.pdf

Download (2MB)

Abstract

Artikel ini mendeskripsikan dampak pembelajaran online yang dilakukan selama masa pandemi Covid-19 dan perannya pada aspek perkembangan bahasa anak usia dini yang terjadi di era merdeka belajar. Adapun faktor yang menyebabkan kurang berkembangnya aspek perkembangan bahasa anak usia dini antara lain kemampuan anak untuk berbicara masih dikatakan rendah, kurangnya kesempatan berkomunikasi antara guru dan anak pada waktu pelaksanaan pembelajaran online sehingga mengakibatkan anak sering terdiam saat mengikuti pembelajaran tatap muka yang dilakukan di era merdeka belajar ini, anak menjadi kurang ceria, dan kurang percaya diri. Hal ini terjadi karena selama pembelajaran online, anak terbiasa dibantu dan ditemani oleh orang tua sehingga membuat anak tergantungan untuk selalu dibantu orang tua pada waktu menyelesaikan tugas, dan membuat anak sedikit merasa kurang nyaman bertemu dengan guru saat pelaksanaan pembelajaran tatap muka di era merdeka belajar seperti saat ini. Sehingga diperlukan usaha dari para guru untuk dapat meningkatkan aspek perkembangan bahasa anak usia dini dengan utamanya memperhatikan kebutuhan anak terutama di era merdeka belajar. Metode penelitian pada penelitian ini menggunakan studi pustaka, dimana peneliti akan mencatat dan menganalisis berbagai sumber, diantaranya jurnal, buku, dan berbagai bentuk dokumen terkait dampak pembelajaran online pada aspek perkembangan bahasa anak usia dini. Adapun hasilnya, guru harus dapat beradaptasi dengan penggunaan teknologi informasi supaya menciptakan pembelajaran yang menarik juga menyenangkan serta dapat mengembangkan aspek perkembangan bahasa anak melalui kegiatan pembelajaran tatap muka maupun online di era merdeka belajar

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Problematika; pembelajaran online; perkembangan bahasa.
Subjects: Early Childhood Education
Divisions: Journal Publication
Depositing User: F.X. Hadi
Date Deposited: 16 Feb 2023 06:10
Last Modified: 16 Feb 2023 06:11
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/34288

Actions (login required)

View Item View Item