Pengaruh Permainan Kosakata Bahasa Inggris Melalui Digital Smart Board For Kids Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun di Era Merdeka Belajar

Maria, Kristin Anggraini, Kriesye, Josephine and Mindari, Ruruh (2022) Pengaruh Permainan Kosakata Bahasa Inggris Melalui Digital Smart Board For Kids Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun di Era Merdeka Belajar. Pengaruh Permainan Kosakata Bahasa Inggris Melalui Digital Smart Board For Kids Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun di Era Merdeka Belajar, Specia (3). pp. 319-328. ISSN pISSN: 2714-8955, eISSN: 2715-9132

[thumbnail of Pengaruh Permainan Kosakata Bahasa Inggris Melalui Digital Smart Board For Kids Terhadap  Perkembangan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun di Era Merdeka Belajar] Text (Pengaruh Permainan Kosakata Bahasa Inggris Melalui Digital Smart Board For Kids Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun di Era Merdeka Belajar)
1-Pengaruh_permainan_kosakata_bahasa_.pdf

Download (582kB)
[thumbnail of Pengaruh Permainan Kosakata Bahasa Inggris Melalui Digital Smart Board For Kids Terhadap  Perkembangan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun di Era Merdeka Belajar _peer_review_] Text (Pengaruh Permainan Kosakata Bahasa Inggris Melalui Digital Smart Board For Kids Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun di Era Merdeka Belajar _peer_review_)
1-R1&2-Pengaruh_permainan_kosakata_.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Pengaruh Permainan Kosakata Bahasa Inggris Melalui Digital Smart Board For Kids Terhadap  Perkembangan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun di Era Merdeka Belajar] Text (Pengaruh Permainan Kosakata Bahasa Inggris Melalui Digital Smart Board For Kids Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun di Era Merdeka Belajar)
1-Pengaruh_permainan_kosakata_bahasa_hasil cek similarity.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini akan menggunakan permainan Digital Smart Board for Kids sebagai sarana pembelajaran kosakata Bahasa Inggris bagi anak usia dini. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan design pre experimental dengan one group pretest-posttest. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun sebanyak 15 anak. Adapun pemilihan subjek dengan mempertimbangkan penerapan bahasa asing utamanya Bahasa Inggris dalam kegiatan belajar mengajar di TK. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Untuk menarik kesimpulan dari hasil penelitian, dilakukan uji hipotesis dengan menggunakan uji-t. Sebelum melakukan uji-t, terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas terhadap hasil penelitian. Dimana nilai alpha lebih dari 0.05, maka data dianggap cukup baik dan reliabel. Sedangkan uji hipotesis dilakukan untuk mengetahui pengaruh permainan kosakata Bahasa Inggris melalui Digital Smart Board for Kids terhadap perkembangan bahasa anak usia 5-6 tahun di era merdeka belajar. Permainan Digital Smart Board for kids ini dapat dimainkan oleh semua anak, sehingga pengembangan di kelas menjadi lebih aplikatif, kontekstual serta menarik. Kesimpulannya, bahwa permainan Digital Smart Board for kids dapat digunakan untuk mengembangkan perkembangan bahasa anak dengan baik terutama dalam hal memahami, mengingat dan mengucapkan/menirukan kosakata Bahasa Inggris pada anak usia 5-6 tahun di era merdeka belajar.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: permainan kosakata bahasa Inggris; digital smart board for kids; perkembangan bahasa anak
Subjects: Early Childhood Education
Divisions: Journal Publication
Depositing User: F.X. Hadi
Date Deposited: 16 Feb 2023 05:59
Last Modified: 16 Feb 2023 05:59
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/34287

Actions (login required)

View Item View Item