Pengaruh perbedaan metode ekstraksi maserasi dan refluks terhadap kandungan flavonoid pada ekstrak daun mangkokan (nothopanax scutellarium burm.f.merr)

Liwu, Marselina DJ Sonya (2022) Pengaruh perbedaan metode ekstraksi maserasi dan refluks terhadap kandungan flavonoid pada ekstrak daun mangkokan (nothopanax scutellarium burm.f.merr). Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (260kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (33kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (154kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (86kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (38kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (397kB) | Request a copy

Abstract

Daun Mangkokan merupakan salah satu jenis tanaman hias yang memiliki banyak manfaat diantaranya mengobati luka, rambut rontok, antiinflamasi, antimikroba, dan antioksidan. Kandungan pada daun mangkokan diantaranya meliputi flavonoid, saponin, steroid, dan lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perbedaan metode ekstraksi maserasi dan refluks terhadap kandungan flavonoid pada ekstrak daun mangkokan. Daun mangkokan diekstraksi dengan dua metode berbeda dan dilakukan perhitungan rendemen, skrining fitokimia dengan Kromatografi Lapis Tipis (KLT) dan juga dilakukan penetapan kadar flavonoid dengan menggunakan spektorofotometri UV-Vis. Perhitungan rendemen untuk maserasi didapatkan hasil 34,8877% dan refluks didapatkan hasil 32,9785%. Hasil skrining fitokimia menunjukan bahwa ekstrak daun mangkokan positif mengandung golongan senyawa alkaloid, fenol, flavonoid, saponin, steroid dan triterpenoid. Penetapan kadar flavonoid dilakukan dengan metode kolorimetri menunjukan hasil pada maserasi yaitu 33,6125 µg/mL dan refluks didapatkan hasil 35,1083 µg/mL. Hasil uji homogenitas data, nilai signifikan yaitu 0.432 > 0.050 dapat disimpulkan bahwa % kadar flavonoid pada ekstrak daun mangkokan bervariansi homogen dan tidak ada perbedaan bermakna.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Farmasi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Hermanu, Liliek S
NIDN9990264169
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Vernanda, Renna Yulia
NIDN0705078804
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Nothopanax scutellarium Burm.f.Merr, ekstraksi, kromatografi lapis tipis, penetapan kadar Keywords: Nothopanax scutellarium Burm.f.Merr, extraction, thin layer chromatography, assay
Subjects: Pharmacy
Divisions: Faculty of Pharmacy > Pharmacy Study Program
Depositing User: Users 12383 not found.
Date Deposited: 03 Feb 2023 03:29
Last Modified: 03 Feb 2023 03:29
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/34106

Actions (login required)

View Item View Item