Pengaruh pemberian edukasi terhadap tingkat pengetahuan masyarakat dalam penggunaan antibiotika amoxicillin di Apotek Riby Wilayah Kabupaten Timor Tengah Selatan

Selan, Eka Meriani (2022) Pengaruh pemberian edukasi terhadap tingkat pengetahuan masyarakat dalam penggunaan antibiotika amoxicillin di Apotek Riby Wilayah Kabupaten Timor Tengah Selatan. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (461kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (382kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (486kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (490kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (272kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (268kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Amoxicillin adalah antibiotika berspektrum luas, dan sering digunakan untuk mengobati berbagai penyakit infeksi yang disebabkan oleh bakteri gram positif dan bakteri gram negatif. Penggunaan antibiotika yang tidak rasional mengakibatkan resistensi antibiotika. Permasalahan resistensi dapat berdampak pada morbiditas dan mortalitas, salah satu faktor yang menyebabkan penggunaan antibiotika yang tidak rasional yaitu kurangnya pengetahuan dari masyarakat tentang antibiotika. Salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang antibiotika amoxicillin adalah dengan memberikan edukasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat pengetahuan masyarakat kabupaten Timor Tengah Selatan dalam penggunaan antibiotika amoxicillin dan menganalisis pengaruh pemberian edukasi terhadap pengetahuan tentang antibiotika amoxicillin. Metode penelitian yang digunakan adalah pra-eksperimental dengan desain one grup pre-protest. Desain penelitian ini mengungkapkan hubungan sebab akibat dengan cara kelompok subjek diobservasi sebelum pemberian intervensi, kemudian diobservasi kembali sesudah pemberian intervensi berupa penyuluhan dengan media leaflet. Hasil penelitian menunjukkan tingkat pengetahuan masyarakat kabupaten Timor Tengah Selatan tentang antibiotika amoxicillin tergolong cukup dengan presentase 57,14%. Setelah diberikan edukasi tingkat pengetahuan antibiotika amoxicillin responden meningkat menjadi 95,71% dan tergolong baik. Uji pengaruh edukasi terhadap pengetahuan antibiotika amoxicillin menggunakan program IBM SPSS 25 dengan metode paired sample t-test menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara pengaruh edukasi terhadap pengetahuan antibiotika amoxicillin yang ditunjukkan dengan nilai p sig(2-tailed) yaitu 0,000 (p<0,05).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Farmasi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Setiadi, Diga Albrian
NIDN0710069005
diga@ukwms.ac.id
Thesis advisor
Wijaya, Hendy
NIDN0730078304
hendy_wijaya@ukwms.ac.id
Uncontrolled Keywords: pengaruh edukasi, pengetahuan masyarakat, antibiotika amoxicillin
Subjects: Pharmacy
Divisions: Faculty of Pharmacy > Pharmacy Study Program
Depositing User: Users 12378 not found.
Date Deposited: 01 Feb 2023 04:51
Last Modified: 01 Feb 2023 04:51
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/34103

Actions (login required)

View Item View Item