Profil tingkat pengetahuan dasar masyarakat terhadap obat di Puskesmas Labuan Bajo

Putri, Aurelia Elma Gasa (2022) Profil tingkat pengetahuan dasar masyarakat terhadap obat di Puskesmas Labuan Bajo. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (352kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (105kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (270kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (277kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (51kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (756kB) | Request a copy

Abstract

Obat merupakan bahan atau paduan bahan yang digunakan untuk mencegah dan menyembuhkan suatu penyakit. Masyarakat sudah terbiasa menggunakan berbagai jenis golongan obat, akan tetapi masyarakat masih sering salah dalam hal mendapatkan, menggunakan, menyimpan dan membuang sisa obat dengan benar sehingga dapat menyebabkan terjadinya efek yang tidak diinginkan dan dapat merugikan masyarakat dalam terapi pengobatan. Salah satu upaya yang dapat dilakukan yaitu dengan meningkatkan pengetahuan dasar masyarakat terhadap obat dengan baik dan benar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat pengetahuan dasar masyarakat terhadap obat di Puskesmas Labuan Bajo dan untuk mengetahui hubungan antara faktor-faktor yang mempengaruhi pengetahuan dengan tingkat pengetahuan dasar masyarakat terhadap obat di Puskesmas Labuan Bajo. Metode penelitian yang dilakukan adalah penelitian analitik dengan rancangan desain penelitian korelasional. Profil tingkat pengetahuan dasar masyarakat terhadap obat di Puskesmas Labuan Bajo dari 70 responden terdapat 53 responden (75,7%) memiliki tingkat pengetahuan baik, 15 responden (21,4%) memiliki tingkat pengetahuan cukup dan 2 responden (2,9%) memiliki tingkat pengetahuan kurang, hasil ini menunjukkan bahwa tingkat pengetahuan dasar masyarakat terhadap obat di Puskesmas Labuan Bajo termasuk dalam kategoti baik. Uji statistik menggunakan SPSS 25 dengan analisis statistik uji Chi - square menunjukkan hasil terdapat hubungan yang signifikan antara faktor pekerjaan dengan tingkat pengetahuan dasar masyarakat terhadap obat dengan nilai p sebesar 0,015 (<0,05), sedangkan tidak terdapat hubungan yang signifikan antara faktor usia, pendidikan terakhir, pengalaman, informasi atau media massa, sosial, budaya dan ekonomi dengan tingkat pengetahuan dasar masyarakat terhadap obat dengan nilai p > 0,05.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Farmasi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Setiawan, Monica Widyawati
NIDN9907158354
monicawidya48@gmail.com
Thesis advisor
Wilianto, Yufita Ratnasari
NIDN0718089402
yufita18@gmail.com
Uncontrolled Keywords: obat, Puskesmas Labuan Bajo, tingkat pengetahuan masyarakat, faktor-faktor yang mempengaruhi pengetahuan
Subjects: Pharmacy
Divisions: Faculty of Pharmacy > Pharmacy Study Program
Depositing User: Users 12344 not found.
Date Deposited: 01 Feb 2023 07:27
Last Modified: 01 Feb 2023 07:27
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/34047

Actions (login required)

View Item View Item