Korelasi tingkat pengetahuan tentang osteoporosis dengan ketepatan penggunaan suplemen kalsium dan vitamin D pada masyarakat di kota Surabaya

Maisaroh, Anisyah Nur (2022) Korelasi tingkat pengetahuan tentang osteoporosis dengan ketepatan penggunaan suplemen kalsium dan vitamin D pada masyarakat di kota Surabaya. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
(ABSTRAK).pdf

Download (754kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
(BAB 1).pdf

Download (536kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
(BAB 2).pdf
Restricted to Registered users only

Download (788kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
(BAB 3).pdf
Restricted to Registered users only

Download (750kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
(BAB 4).pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
(BAB 5).pdf

Download (651kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
(LAMPIRAN).pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Osteoporosis secara harfiah berarti pengeroposan tulang, merupakan suatu kondisi dimana tulang menjadi tipis dan menyebabkan kehilangan fungsi pada kekuatannya, sehingga tulang menjadi kurang padat dan kualitasnya berkurang sehingga dapat mengakibatkan rapuh dan patah tulang. Penuaan akibat usia dikaitkan kelemahan pada tulang, asupan vitamin D dan kalsium tidak memadai. Swamedikasi dapat diartikan melakukan pengobatan tanpa resep terhadap dirinya sendiri. risiko dalam Swamedikasi adanya penggunaan dosis obat berlebih, durasi penggunaan obat lama. Pengetahuan yang baik tentang osteoporosis merupakan persyaratan keberhasilan dalam pencegahan serta kepatuhan dalam pengobatan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat pengetahuan tentang osteoporosis dengan ketepatan penggunaan suplemen kalsium dan vitamin D pada angka kejadian osteoporosis pada masyarakat di Kota Surabaya. Pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling yang dipilih melalui kriteria inklusi dan kriteria eksklusi yang dilakukan pada bulan Mei sampai Juli 2022. Penelitian ini menggunakan desain penelitian korelasi menggunakan statistik metode chi-square. Hasil penelitian berdasarkan analisis uji pada responden menunjukan responden dengan tingkat pengetahuan rendah sebanyak 14 responden (14,1%), tingkat pengetahuan sedang sebanyak 23 responden (23,1 %), dan tingkat pengetahuan tinggi sebanyak 63 responden (63,1%). Responden yang melakukan ketepatan penggunaan suplemen kalsium dan vitamin D sebanyak 53 responden (53,1%), responden yang dikatakan tidak tepat penggunaan sebanyak 47% responden (47,1%). Hasil uji chi-square didapatkan signifikansi (0,020<0,05), maka Ho ditolak dan Ha diterima, dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara tingkat pengetahuan dengan ketepatan penggunaan suplemen kalsium dan vitamin pada masyarakat di Kota Surabaya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Farmasi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Hendriati, Lucia
NIDN0707107102
Luciahendriati@gmail.com
Uncontrolled Keywords: osteoporosis, pengetahuan, ketepatan penggunaan, suplemen kalsium, vitamin D
Subjects: Pharmacy
Divisions: Faculty of Pharmacy > Pharmacy Study Program
Depositing User: Users 12048 not found.
Date Deposited: 31 Jan 2023 09:01
Last Modified: 31 Jan 2023 09:01
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/34025

Actions (login required)

View Item View Item