Pemberian neurostimulasi dengan menggunakan gadget virtual reality dalam memperpendek waktu sleep onset latency pada lansia

Reynaldy, Fransiskus (2023) Pemberian neurostimulasi dengan menggunakan gadget virtual reality dalam memperpendek waktu sleep onset latency pada lansia. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
COVER-ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (221kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (942kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (226kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (515kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (454kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 6] Text (BAB 6)
BAB 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 7] Text (BAB 7)
BAB 7.pdf

Download (335kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Latar Belakang: Pada penelitian ini ingin meneliti tentang pengaruh neurostimulasi VR terhadap sleep onset latency pada lansia, karena SOL memiliki peranan penting dalam siklus tidur yang berpengaruh pada kualitas tidur lansia. Tujuan: Menganalisis pemendekkan waktu SOL pada lansia dengan pemberian neurostimulasi menggunakan gadget Virtual Reality. Metode: Penelitian ini menggunakan desain penelitian quasi eksperimental post-test group only, desain ini dipilih untuk mengevaluasi sebelum dan sesudah intervensi VR terhadap pemendekkan waktu SOL pada lansia. Perhitungan SOL menggunakan alat actigraphy. Hasil: Didapatkan hasil bahwa pada subyek dengan SOL awal (sebelum) perlakuan yang abnormal (> 30 menit) sebesar 50 % mengalami pemendekkan yang bermakna ( p = 0,000). Sedangkan, pada subyek SOL sebelum perlakuan yang normal (< 30 menit) hanya sekitar 30 % yang mengalami pemendekkan tidak bermakna (p = 0,222). Simpulan: Pemberian neurostimulasi dengan menggunakan gadget VR ini lebih mendapatkan hasil yang lebih nyata pada subyek dengan SOL abnormal (> 30 menit).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Kedokteran
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Kurniawati, Nita
NIDN0725128003
tmnitakurniawati@gmail.com
Thesis advisor
Ernawati, Titiek
NIDN0718116601
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Neurostimulasi, virtual reality, sleep onset latency, lansia
Subjects: Medicine
Medicine > R Medicine (General)
Medicine > RZ Other systems of medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Medical Study Program
Depositing User: Users 12314 not found.
Date Deposited: 30 Jan 2023 08:06
Last Modified: 30 Jan 2023 08:06
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/33972

Actions (login required)

View Item View Item