Pengaruh health consciousness dan food safety concern terhadap purchase intention melalui customer attitude toward organic food pada konsumen moriku

Lela, Gabriella Nathaly (2023) Pengaruh health consciousness dan food safety concern terhadap purchase intention melalui customer attitude toward organic food pada konsumen moriku. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
PENGARUH HEALTH CONSCIOUSNESS DAN FOOD SAFETY.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (389kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (260kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
gabriellla_BAB 3rev.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
gabriellla_BAB 4rev.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB)
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
gabriellla_BAB 5rev.pdf

Download (161kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (669kB)

Abstract

Industri makanan dan minuman di Surabaya terus berkembang. Hal ini dibuktikan dari pelaku UMKM makanan dan minuman ikut berkembang terutama di Kota Surabaya (Latu, 2021). Gaya hidup modern menuntut inovasi produk makanan dan minuman juga bermacam-macam, salah satunya adalah biskuit yang praktis. Kendati demikian, biskuit kerap tidak memiliki kandungan gizi yang baik karena kepraktisannya. Ditambah adanya Pandemi Covid-19 yang mengubah pola hidup masyarakat. Konsumen berusaha memenuhi kebutuhan makanannya dengan produk yang memiliki manfaat untuk kesehatan dan juga praktis. Moriku merupakan solusi atas permintaan konsumen dewasa ini. Moriku mengombinasikan kesehatan dan kepraktisan dalam satu sajian biskuit. Selain mulai sadar dengan kesehatan (health consciousness), konsumen saat ini juga concern terhadap keamanan makanan yang dikonsumsi (food safety). Berbagai kasus kelalaian dalam keamanan pangan membuat konsumen khawatir dengan produk makanan yang akan dibeli. Makanan organik menjadi jawaban untuk kesehatan, sehingga konsumen memiliki sikap yang baik dalam menilai dan melihat makanan organic (attitude). Fenomena inilah yang memunculkan minat beli terhadap makanan organic (purchase intention). Perlunya penelitian lebih dalam dari Moriku sebagai salah satu solusi atas kepraktisan dan kesehatan masyarakat dilakukan dengan metode Structural Equation Model menggunakan media Partial Least Square. Dalam penelitian ini, terdapat 4 variabel laten, 22 indikator dan 114 sampel calon konsumen Moriku. Hasil penelitian menyatakan bahwa health consciousness berpengaruh atas customer attitude toward organic food, food safety concern berpengaruh terhadap customer attitude toward organic food, dan customer attitude toward organic food juga berpengaruh terhadap purchase intention. Variabel health consciousness ternyata juga berpengaruh terhadap purchase intention melalui customer attitude toward organic food, serta food safety concern berpengaruh terhadap purchase intention melalui customer attitude toward organic food.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Kewirausahaan
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Rahmawati, Veronika
NIDN0724087501
verowmonline@gmail.com
Thesis advisor
Mettan, Santho Vlennery
NIDN0710039401
vlennery@ukwms.ac.id
Uncontrolled Keywords: Kesadaran Kesehatan, Keamanan Pangan, Sikap Konsumen, Makanan Organik
Subjects: Entrepreneurship
Divisions: Faculty of Entrepreneurship > Entrepreneurship Study Program
Depositing User: Users 12315 not found.
Date Deposited: 27 Jan 2023 04:14
Last Modified: 27 Jan 2023 04:14
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/33965

Actions (login required)

View Item View Item