Pengaruh perceived relevance, interactivity, dan informativeness terhadap purchase intention melalui performance expectancy pada social media advertising moriku

Budi, Christian (2023) Pengaruh perceived relevance, interactivity, dan informativeness terhadap purchase intention melalui performance expectancy pada social media advertising moriku. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
christian_ABSTRAKrev1.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (150kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (266kB)
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
christian_BAB 5rev.pdf

Download (167kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (693kB)

Abstract

Pandemi Covid – 19 yang terjadi sejak awal 2020 membuat terjadinya peningkatan signifikan terhadap jumlah pengguna internet di Indonesia. Kebijakan pemerintah untuk Work from Home dan belajar secara online juga menyebabkan peningkatan jumlah pengguna internet. Tentu meningkatnya jumlah pengguna internet juga meningkatkan jumlah pengguna media sosial. Tingginya pengguna media sosial di Indonesia menyebabkan banyak perusahaan mengunggah banyak iklan di media sosial. Iklan di media sosial sangat efektif menjangkau calon konsumen karena dapat dikustomisasi oleh masing – masing pengiklan agar iklan tersebut tayang di calon konsumen yang sesuai dengan target produk yang diiklankan. Iklan di media sosial juga relative tidak memakan biaya tinggi seperti di televisi. Moriku sebagai perusahaan baru yang bergerak di bidang pengolahan daun kelor juga menggunakan iklan media sosial sebagai sarana utama dalam berpromosi. Terdapat banyak factor yang dapat menunjang keberhasilan iklan di media sosial diantaranya perceived relevance, interactivity, dan informativeness. Pada penelitian sebelumnya ketiga variabel tersebut diketahui dapat meningkatkan purchase intention melalui performance expectancy. Penelitian ini ditujukan agar perusahaan dapat membuat iklan yang dapat meningkatkan minat beli calon konsumen. Penelitian ini menggunakan metode Structural Equation Model yang dianalisa menggunakan Partial Least Square. Penelitian ini menggunakan 5 variabel laten, 18 indikator, dan 90 jumlah sampel. Hasil penelitian ini menunjukkan interactivity dan informativeness mempengaruhi peningkatan purchase intention melalui performance expectancy. Penelitian ini juga menemukan hasil bahwa performance expectancy berpengaruh signifikan terhadap purchase intention. Sedangkan perceived relevance tidak berpengaruh signifikan terhadap performance expectancy dan purchase intention. Kata Kunci: relevansi, interaktivitas, keinformatifan, ekspektasi performa, minat beli.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Kewirausahaan
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Tulipa, Diyah
NIDN0726077203
diyah@ukwms.ac.id
Thesis advisor
Simamora, Agatha Liney
NIDN0714069602
agathasimamora@ukwms.ac.id
Uncontrolled Keywords: Relevansi, Interaktivitas, Keinformatifan, Ekspektasi Performa, Minat Beli.
Subjects: Entrepreneurship
Divisions: Faculty of Entrepreneurship > Entrepreneurship Study Program
Depositing User: Users 11988 not found.
Date Deposited: 27 Jan 2023 04:00
Last Modified: 27 Jan 2023 04:00
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/33952

Actions (login required)

View Item View Item