Pengaruh tipe industri, profitabilitas, kinerja lingkungan dan ukuran perusahaan terhadap pengungkapan emisi karbon

Ora, Felixs Nola (2023) Pengaruh tipe industri, profitabilitas, kinerja lingkungan dan ukuran perusahaan terhadap pengungkapan emisi karbon. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
felixs_ABSTRAKrev.pdf

Download (480kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (69kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (153kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (255kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (144kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (179kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
FELIXS_LAMPIRANREV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (93kB) | Request a copy

Abstract

Di era globalisasi ini, hadirnya ancaman perubahan iklim telah menjadi masalah global, bukan hanya sekedar risiko nasional. Hal ini tentunya menimbulkan kegelisahan di kalangan masyarakat dan dunia bisnis. Oleh karena itu, perlu gerakan global untuk mengantisipasi perubahan iklim yang dapat mengancam kelangsungan umat manusia. Upaya pelaku usaha dalam hal ini perusahaan, salah satunya dengan melakukan pengungkapan emisi karbon. Perusahaan diharapkan lebih terbuka melalui pengungkapan emisi karbon mengenai semua aktivitas yang dilakukan perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh tipe industri, profitabilitas, kinerja lingkungan, dan ukuran perusahaan yang menjadi variabel independen terhadap pengungkapan emisi karbon yang menjadi variabel dependen. Desain pada penelitian ini menggunakan desain kuantitatif dengan pengujian hipotesis. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif, sedangkan populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2016-2019. Sampel penelitian sebanyak 77 perusahaan yang dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tipe industri dan kinerja lingkungan memiliki pengaruh yang positif terhadap pengungkapan emisi karbon. Sedangkan profitabilitas dan ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap pengungkapan emisi karbon. Variabel pengungkapan emisi karbon dapat dijelaskan oleh tipe industri, profitabilitas, kinerja lingkungan, dan ukuran perusahaan sebesar 66,3%, sedangkan 33,7% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diuji dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Akuntansi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Shanti, Josepha
NIDN0714047703
shanti@ukwms.ac.id
Uncontrolled Keywords: Tipe Industri, Profitabilitas, Kinerja Lingkungan, Ukuran Perusahaan, dan Pengungkapan Emisi Karbon.
Subjects: Business > Accounting
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Users 12278 not found.
Date Deposited: 27 Jan 2023 04:22
Last Modified: 27 Jan 2023 04:22
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/33948

Actions (login required)

View Item View Item