Instalasi listrik rumah modern dengan daya 3500 watt berbasis PUIL 2011

Christian, Jonathan (2023) Instalasi listrik rumah modern dengan daya 3500 watt berbasis PUIL 2011. Project Report (PKL, PKIPP, Magang D3, Praktik Kerja Profesi Apoteker, Profesi Guru, Profesi Ners dan Profesi Insiyur). Faculty of Engineering, Surabaya. (Submitted)

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
NEW ABSTRAK KP_JONATHAN.pdf

Download (602kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (11kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (35kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (665kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (9kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (160kB) | Request a copy

Abstract

Dalam banyak insiden kebakaran yang terjadi di rumah dan bangunan lain, Diyakini berawal dari korsleting listrik umum. Terlalu banyak ditemukan instalasi listrik di rumah yang tidak memperhatikan Persyaratan Umum Instalasi Listrik (PUIL) dan Standar Nasional Indonesia (SNI) serta tidak memperhatikan keselamatan, teknologi modern maupun estetika.Menurut PUIL 2011 dan UU Ketenagalistrikan 2002, rencana instalasi listrik gedung harus berlaku. Di rumah rumah huni, sering kali dibutuhkan manajemen energi listrik yang baik karena sumber arus yang terbatas ; Oleh karena itu, pendistribusian energi listrik harus diperkirakan seakurat mungkin agar kebutuhan energi listrik dapat dipenuhi secara efisien dan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Untuk itu , penulis merencanakan instalasi listrik rumah yang sesuai Standar Nasional Indonesia (SNI) dan Persyaratan Umum Instalasi Listrik (PUIL). Dalam instalasi listrik rumah ini , penulis menggunakan teknik perhitungan dan analisis untuk menentukan spesifikasi komponen yang akan digunakan, sesuai peraturan PUIL 2011 dan UU Ketenagalistrikan 2002.Pemasangan listrik harus mengetahui ketentuan yang digunakan beserta tujuan, serta memiliki kemampuan untuk menanalisa dan merencanakan instalasi listrik sesuai dengan PUIL dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.Hasil dari Instalasi ini telah diuji dan diperiksa oleh tenaga ahli yang memenuhi Persyaratan Umum Instalasi Listrik (PUIL) 2011 atau yang terbaru saat laporan ini disusun.Sehingga diharapkan laporan ini dapat memberikan referensi untuk tenaga ahli maupun masyarakat yang akana melakukan instalasi listrik pada rumah huni.

Item Type: Monograph (Project Report (PKL, PKIPP, Magang D3, Praktik Kerja Profesi Apoteker, Profesi Guru, Profesi Ners dan Profesi Insiyur))
Department: S1 - Teknik Elektro
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Angka, Peter Rhatodirdjo
NIDN070396101
peter@ukwms.ac.id
Uncontrolled Keywords: Instalasi listrik, PUIL.
Subjects: Engineering
Engineering > Electrical Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Electrical Engineering Study Program
Depositing User: Users 12308 not found.
Date Deposited: 26 Jan 2023 09:04
Last Modified: 26 Jan 2023 09:04
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/33885

Actions (login required)

View Item View Item