Laporan kerja praktek kegiatan asistensi mengajar serta implementasi simulator lift berbasis PLC di SMKK St. Louis Surabaya

Pradana, Andreas Ervan (2023) Laporan kerja praktek kegiatan asistensi mengajar serta implementasi simulator lift berbasis PLC di SMKK St. Louis Surabaya. Project Report (PKL, PKIPP, Magang D3, Praktik Kerja Profesi Apoteker, Profesi Guru, Profesi Ners dan Profesi Insiyur). Faculty of Engineering, Surabaya. (Submitted)

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (637kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

MBKM atau Program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka adalah program dari kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) untuk mendorong mahasiswa dalam menguasai berbagai keilmuan sebagai persiapan memasuki dunia kerja. Dalam hal ini, program asistensi mengajar dipilih sebagai program MBKM dan dikonversikan menjadi nilai mata kuliah. Program Asistensi mengajar dilaksanakan di SMK St. Louis Surabaya pada 1 Juni 2022 hingga 01 Desember 2022 setiap hari senin hingga sabtu. SMK Katolik St. Louis Surabaya merupakan salah satu sekolah kejuruan swasta yang berlokasi di Surabaya, Jawa Timur. Pada saat ini SMK Katolik St. Louis Surabaya memiliki 665 siswa aktif, dan 51 guru pengajar yang terdiri dari guru kompetensi keahlian dan mata pelajaran umum. Sekolah ini memiliki program akademik yang meliputi Teknik Sepeda Motor, Teknik Pemesinan, Teknik Audio Video, Teknik Komputer Jaringan, Teknik Kendaraan Ringan, dan Desain Komunikasi Visual. Dalam pelaksanaan skema MBKM ini, praktikan melakukan asistensi mengajar di program Teknik Audio Video meliputi: pelatihan penggunaan alat trainer, pelaksanaan promosi SMK, dan pengajaran. Selain itu, praktikan juga melaksanakan tinjauan khusus berupa pembuatan dan pengembangan modul dan alat simulator lift 3 lantai berbasis PLC sebagai alat bantu belajar mengajar. Dengan demikian proses belajar mengajar menjadi lebih nyata dengan adanya modul dan alat simulator lift 3 lantai tersebut. Bukan hanya, praktikan mendapatkan kesempatan untuk menerapkan ilmu yang didapatkan dalam perkuliahan, melainkan juga mendapatkan ilmu dan pengalaman dalam bekerja sebagai tenaga pendidik di SMK St. Louis Surabaya.

Item Type: Monograph (Project Report (PKL, PKIPP, Magang D3, Praktik Kerja Profesi Apoteker, Profesi Guru, Profesi Ners dan Profesi Insiyur))
Department: S1 - Teknik Elektro
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Yuliati, Yuliati
NIDN0714077503
yuliati@ukwms.ac.id
Uncontrolled Keywords: MBKM, SMK, PLC, simulator, lift.
Subjects: Engineering
Engineering > Electrical Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Electrical Engineering Study Program
Depositing User: Users 12300 not found.
Date Deposited: 25 Jan 2023 05:49
Last Modified: 25 Jan 2023 05:49
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/33874

Actions (login required)

View Item View Item