Perancangan sistem informasi pembelian barang dagang di UD. Sahabat Surabaya

Sabrina, Angellove (2023) Perancangan sistem informasi pembelian barang dagang di UD. Sahabat Surabaya. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (485kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (194kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (300kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (875kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (299kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB) | Request a copy

Abstract

Sistem informasi akuntansi adalah sistem yang terdiri dari berbagai dokumen, catatan, dan laporan yang digunakan untuk tujuan bisnis. Pembelian merupakan hal yang penting dalam bisnis, baik perdagangan maupun manufaktur. Penelitian ini menggunakan siklus pembelian dari UD. Sahabat sebagai objek yang akan diteliti dengan tujuan menganalisis dan merancang sistem informasi akuntansi yang terkomputerisasi pada siklus pembelian dan kelengkapan dokumen. Penelitian ini menggunakan 3 jenis dokumentasi untuk mendokumentasikan sistem, yaitu diagram alir, diagram alir data, dan diagram hubungan entitas. Dalam siklus pembelian terdapat beberapa fungsi yang saling terkait yaitu fungsi gudang, fungsi pembelian, fungsi penerimaan, dan fungsi akuntansi. Ada 5 kategori dalam pengendalian internal untuk menilai bisnis, yaitu otorisasi transaksi, pemisahan tugas, catatan dan dokumen yang memadai, serta pemeriksaan dan rekonsiliasi independen. Sahabat adalah usaha yang bergerak di bidang perdagangan bahan makanan. 250 jenis barang yang dijual oleh UD. Sahabat baik dari dalam maupun luar negeri. Proses bisnis terkait siklus pembelian di UD. Sahabat bermula saat bagian gudang melakukan pengecekan inventaris di gudang. Pada prosedur siklus pembelian lama di UD. Sahabat, inventaris dihitung secara manual karena tidak ada dokumen yang memadai untuk pengecekan inventaris. Sistem komputerisasi dilakukan untuk membuat beberapa kegiatan dalam siklus pembelian di UD. Sahabat menjadi lebih efektif. Sahabat, sebaiknya dokumen-dokumen ditambah dan desain sistem informasi akuntansi perlu dipertimbangkan untuk digunakan dalam bisnis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Akuntansi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Tambunan, Sihar Tigor Benjamin
NIDN0720027201
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Sistem terkomputerisasi, siklus pembelian, pengendalian internal, usaha dagang
Subjects: Business > Accounting
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Users 12271 not found.
Date Deposited: 25 Jan 2023 08:28
Last Modified: 25 Jan 2023 08:28
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/33852

Actions (login required)

View Item View Item