Karakteristik fisik dan organoleptik yogurt angkak biji durian dengan berbagai tingkat penambahan ekstrak air ubi jalar ungu

Destira, Dea (2023) Karakteristik fisik dan organoleptik yogurt angkak biji durian dengan berbagai tingkat penambahan ekstrak air ubi jalar ungu. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (955kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (85kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (285kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (300kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (559kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (128kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Yogurt merupakan salah satu produk hasil fermentasi yang menggunakan Bakteri Asam Laktat (BAL). Berbagai macam cara diupayakan dalam rangka meningkatkan nilai fungsional dari yogurt, penambahan ekstrak angkak biji durian (ABD) ke dalam produk yogurt merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan. Penambahan 7,5% ekstrak ABD dapat menyebabkan yoghurt memiliki warna pucat dengan sineresis tinggi. Pigmen alami ubi jalar ungu yang dapat memberikan warna ungu pada produk yogurt, selain itu kandungan pati dan gula sederhana dapat mengurangi sineresis dan memberikan rasa manis pada yogurt. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh berbagai tingkat penambahan ekstrak air ubi jalar ungu terhadap karakteristik fisik (WHC, warna, viskositas, sineresis, dan tekstur (cohesiveness, consistency, dan firmness)) dan organoleptik (warna dan rasa) yogurt angkak biji durian. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan faktor tunggal yaitu perbedaan konsentrasi ekstrak air ubi jalar ungu yang terdiri dari 5 level konsentrasi, yaitu 0%, 5%, 10%, 15%, dan 20%. Data penelitian yang diperoleh dianalisa menggunakan uji ANOVA pada α=5%, apabila terdapat pengaruh yang nyata, maka dilanjutkan dengan uji DMRT pada α=5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa yogurt ABD dengan penambahan ekstrak air ubi jalar ungu berpengaruh nyata terhadap warna (L, a*, b*, C, dan oHue), sineresis, WHC, viskositas, firmness, dan organoleptik (warna dan rasa). Penambahan ekstrak air ubi jalar ungu 5% dapat meningkatkan WHC menjadi 64,986%, memperlambat sineresis pada hari ke 0 menjadi 0,916% dan setelah 7 hari menjadi 2,106%, meningkatkan firmness dan kesukaan terhadap rasa. Penambahan ekstrak air ubi jalar ungu 20% dapat meningkatkan kesukaan terhadap warna.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Teknologi Pangan
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Nugerahani, Ira
NIDN0715076101
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Srianta, Ignatius
NIDN0726017402
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Yogurt, angkak biji durian, ekstrak air ubi jalar ungu
Subjects: Agriculture and Food Technology
Divisions: Faculty of Agricultural Technology > Food Technology Study Program
Depositing User: Users 11519 not found.
Date Deposited: 24 Jan 2023 07:07
Last Modified: 24 Jan 2023 08:41
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/33714

Actions (login required)

View Item View Item