Karakteristik fisik dan sensoris yoghurt angkak biji durian dengan berbagai tingkat penambahan pure stroberi (Fragaria x ananassa)

Sutjipto, Ritchie Leonardo (2023) Karakteristik fisik dan sensoris yoghurt angkak biji durian dengan berbagai tingkat penambahan pure stroberi (Fragaria x ananassa). Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Chatolic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (535kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (140kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (268kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (281kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (261kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Yoghurt angkak biji durian ialah produk yoghurt dengan penambahan angkak yang merupakan hasil fermentasi biji durian sebagai substrat untuk pertumbuhan Monascus purpureus yang memiliki banyak nilai fungsional. Yoghurt angkak biji durian memiliki aftertaste rasa pahit sehingga untuk mengatasi aftertaste dapat ditambahkan pure stroberi dan hal ini dapat mempengaruhi sifat fisik dan sensoris. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan pure stroberi terhadap sifat fisik dan sensoris yoghurt biji durian. Penelitian dilakukan dengan menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) non faktorial, dengan faktor perlakuan adalah penambahan pure stroberi sebesar : 0%, 5%, 10%, 15%, dan 20%. Pengulangan dilakukan sebanyak 5 kali. Parameter yang diamati adalah sifat fisik yang meliputi viskositas, sineresis, Water Holding Capacity (WHC), dan sensoris (kesukaan rasa, tekstur mouthfeel, dan kenampakan). Data yang diperoleh akan dianalisa secara statistik dengan menggunakan ANOVA pada α = 5%. Jika perlakuan berpengaruh nyata maka akan dilanjutkan dengan uji DMRT pada α = 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pure stroberi berpengaruh nyata terhadap viskositas, sineresis H-7, Water Holding Capacity (WHC), dan sensoris (kesukaan rasa, tekstur mouthfeel, dan kenampakan). Pada pengujian sineresis H-0 setelah diuji menggunakan ANOVA menunjukkan tidak terdapat pengaruh penambahan pure stroberi terhadap sineresis yoghurt angkak biji durian. Penambahan puree stroberi sebanyak 5% merupakan perlakuan yang memiliki hasil tidak berbeda nyata dengan yoghurt ABD (kontrol) pada parameter sifat fisik dan sensoris (kesukaan rasa dan tekstur mouthfeel). Pada parameter sensoris kenampakan yoghurt ABD dengan penambahan pure stroberi 5% termasuk dalam level suka hingga sangat suka.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Teknologi Pangan
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Srianta, Ignatius
NIDN0726017402
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Kuswardani, Indah
NIDN0728086201
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: yoghurt, angkak biji durian, pure stroberi, sifat fisik, sensoris
Subjects: Agriculture and Food Technology
Agriculture and Food Technology > Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agricultural Technology > Food Technology Study Program
Depositing User: Ritchie Leonardo S
Date Deposited: 25 Jan 2023 07:17
Last Modified: 25 Jan 2023 07:17
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/33698

Actions (login required)

View Item View Item