Hubungan postur kerja buruk dengan intensitas keluhan work-related musculoskeletal disorders pada Mahasiswa FK UKWMS Angkatan 2019

Tantojo, Kevin Valentino (2022) Hubungan postur kerja buruk dengan intensitas keluhan work-related musculoskeletal disorders pada Mahasiswa FK UKWMS Angkatan 2019. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Kevin_Rev.pdf

Download (978kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
Bab 1.pdf

Download (38kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
Bab 2_Kevin.pdf

Download (784kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
Bab 4_Kevin.pdf
Restricted to Registered users only

Download (291kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
Bab 5_Kevin.pdf
Restricted to Registered users only

Download (122kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 6] Text (BAB 6)
Bab 6_Kevin.pdf
Restricted to Registered users only

Download (156kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 7] Text (BAB 7)
Bab 7 - Daftar Pustaka.pdf

Download (138kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran_Kevin.pdf
Restricted to Registered users only

Download (718kB) | Request a copy

Abstract

Latar Belakang: Work-Related Musculoskeletal Disorders (WMSD) merupakan kelompok gangguan-gangguan yang memiliki kesamaan, antara lain: muncul karena overuse, bersifat progresif, pencegahannya efektif, dan bersifat multikausal. Gejala yang umum dialami penderita WMSD adalah sensasi nyeri yang terlokalisasi pada bagian tubuh yang mengalami overuse. Faktor risiko WMSD dikaitkan dengan ergonomi lingkungan pekerjaan penderitanya, dan dapat ditinjau dari 3 karakteristik utama, yaitu intensitas, frekuensi, dan durasi overuse. Ketiga faktor risiko ini dapat ditemukan pada lingkungan pekerjaan yang mengharuskan seseorang untuk mempertahankan postur kerja yang buruk dalam jangka waktu tertentu. Tujuan: Mengetahui hubungan antara postur kerja dengan intensitas keluhan WMSD pada mahasiswa FK UKWMS. Metode: Penelitian observasional analitik dengan desain penelitian cross-sectional yang melibatkan 47 orang mahasiswa/i sebagai sampel yang dipilih dari populasi mahasiswa/i Fakultas Kedokteran Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya Angkatan 2019 menggunakan teknik simple random sampling. Penelitian dilaksanakan di Fakultas Kedokteran Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya pada tanggal 25 Agustus 2022 – 17 Oktober 2022. Postur kerja diukur menggunakan metode RULA, dan intensitas keluhan WMSD diukur menggunakan kuesioner NMQ Versi Indonesia. Uji statistik yang digunakan adalah uji korelasi Rank Spearman untuk mengetahui korelasi antara postur kerja dengan WMSD. Hasil: Didapatkan tingkat risiko postur kerja responden terbanyak pada risiko rendah (55,31%). Tingkat intensitas keluhan WMSD terbanyak pada tingkat intensitas yang dapat diabaikan (78,72%). Analisis korelasi menunjukkan nilai p=0,000 dan r=0,564. Simpulan: Terdapat korelasi yang signifikan dengan arah yang positif dan berkekuatan sedang antara postur kerja dengan intensitas keluhan WMSD. Semakin tinggi risiko postur kerja responden, maka semakin tinggi intensitas keluhan WMSD yang dialami.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Kedokteran
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Nugroho, Nunung
NIDN0712066401
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Tanudjaja, George Nicolaus
0
george.tanudjaja@gmail.com
Uncontrolled Keywords: Postur kerja, ergonomi, keluhan muskuloskeletal, nyeri otot, mahasiswa
Subjects: Medicine
Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Faculty of Medicine
Depositing User: Users 12129 not found.
Date Deposited: 24 Jan 2023 09:09
Last Modified: 24 Jan 2023 09:09
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/33691

Actions (login required)

View Item View Item